Mengelola Sosial Media : Cara Mudah Aktif di 50 Sosial Media Setiap Hari

Mengelola Sosial Media, menarik juga untuk dibahas, ceritanya begini, bulan lalu saya berkesempatan untuk mengisi salah satu acara yang membahas tentang cara untuk mengelola beberapa akun social media.

Cara mudah Mengelola lebih dari 50 Akun Sosial MediaDalam acara itu ada yang memberikan pertanyaan, kira-kira seperti ini isinya :

“Berapa kira-kira akun social media yang dikeloka anda dan tim anda, dan apakah tidak merepotkan mengelola banyak social media?”

Pertanyaan itu saya jawab langsung, kira-kira sekitar 50 akun social media dan tidak ada kendala dalam menjalankanya, mengingat beberapa social media memiliki fitur “scheduling” yang bisa dimanfaatkan untuk meringkankan pekerjaan.

Hampir semua yang hadir dalam acara itu tidak percaya, dan mungkin  menganggap saya berbohong.untuk meyakinkan aku mengeluarkan beberapa social media yang aktif di smartphone. saya sebutkan satu persatu berikut jumlahnya, datanya bisa kalian lihat dibawah ini :

  • Facebook Pages: 16
  • Twitter Accounts: 10
  • LinkedIn Company Pages: 6
  • LinkedIn Groups: 1
  • Instagram Accounts: 5
  • Google My Business: 12

Berikut diatas adalah contoh sosial media yang saya kelola, manusia memang membutuhkan pembuktian terlebih dahulu untuk benar-benar percaya, pembuktian itu menghasilkan tepuk tangan meriah dari seluruh orang.

Pengertian Sosial Media

Sebelum melanjutkan, kira-kira sudah tau pengertian dari Sosial Media? hal ini menari untuk dibahas, karena kebanyakan dari kita pasti tidak paham dari pengertian sosial media, dan berikut adalah pengertian sosial media menurut para ahli :

Varinder Taprial dan Priya Kanwar (2012)

Varinder Taprial dan Priya Kanwar menyatakan bahwa media sosial adalah sebuah media yang digunakan oleh individu untuk menjadi sosial. atau menjadi sosial secara daring/online dengan cara membagikan informasi seperti : berita, foto dan lain-lain dengan orang lain.

B.K. Lewis (2010)

Menurut B.K. Lewis, Media sosial adalah media digital yang memungkinkan orang untuk : berhubungan, berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan.

P.N. Howard dan M.R Parks (2012)

Menurut P.N. Howard dan M.R Park media sosial merupakan media yang terdiri dari tiga bagian, yaitu :

Infrastruktur informasi :

Infrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk membuat dan mengirimkan isi media,

Isi media :

Isi media  biasanya berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital,

Pengguna :

Selanjutnya, adalah individu, organisasi dan industri yang kemudian memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital tersebut.

Pengertian diatas dari para ahli semoga membuat kita mengerti fungsi sosial media.Oke, kita kembali lagi tentang mengelola sosial media, Lalu bagaimana saya mengelola begitu banyak akun social media?

Begini, sejujurnya saya adalah orang yang memiliki Personality Tipe A, apa sih Personality Tipe A itu? kalau dijelaskan singkatnya sih, orang yang memiliki Personality Tipe A itu :

  • Ambisius
  • Teratur
  • Sensitif
  • Proaktif, dan
  • Sangat disiplin dalam mengatur waktu.

Hal itulah yang kemudian membuat saya dan tim mampu mengelola begitu banyak social media.

Berbicara mengenai Sosial media management nih, saya sudah mengelola banyak social media dari tahun 2012, dulu saya hanya mengelola kurang dari 4 akun saja yaitu :

  • Facebook Page
  • Twitter
  • LinkedIn Company Page, dan
  • Google+

Lalu, bagaimana sebenarnya saya mengatur social media, apakah menggunakan applikasi khusus? jawabanya adalah tidak, berikut dibawah ini adalah hal-hal yang saya dan tim lakukan setiap harinya

  1. Mengatur Konten

Kalian tau? konten merupakan salah satu hal ajaib yang bisa membuat kita dikenal banyak orang di dunia maya.

Setiap harinya saya dan tim mengatur konten dengan menyiapkan beberapa bahan dibawah ini :

  • Photo / Video Yang bekualitas
  • Deskripsi yang panjang dan pendek
  • Suara untuk mengisi video, bisa berbentuk narasi atau sekedar backsong
  • Melakukan research hastags
  • Mencari dan menyediakan link-link berkualitas, dan
  • Menetukan jam tayang utuk konten.

Goals atau tujuan dari mengumpulkan bahan-bahan diatas tentunya untu mempermudah pengelolaan social media.

  1. Menjadwalkan Konten

Bukan menjadwalkan konten untuk di posting yah, tapi menjadwalkan konten untuk di buat.

iyah benar saya dan tim, tidak hanya menyiapkan konten untuk 1-2 hari saja tapi juga untuk satu minggu kedepan.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan buruk tidak tersedianya bahan untuk diposting karena saya atau salah satu tim jatuh sakit.

  1. Shedule Content

Inilah yang ditunggu, setelah konten berhasil dibuat dengan bahan-bahan diatas, langkah selanjutnya adalah schedule content atau menjadwalkan postingan untuk setiap akun social media.

Sebenarnya tidak semua social media memiliki fitur scheduling post, jadi beberapa akun social media terpaksa harus di update manual dengan konsep yang sudah disiapkan.

  1. Monitoring Akun

Setiap harinya saya dan tim melakukan monitoring, mengambil informasi dari insight halaman facebook dan informasi dari akun social media lainnya, hal ini dilakukan untuk dijadikan bahan evaluasi agar setiap harinya postingan yang kami buat semakin baik.

Manfaat Sosial Media

Lalu apa dampak sosial media atau keuntungan dari mengelola social media? berikut dibawah ini adalah manfaat dari sosial media :

  1. Jangkauan Koneksi ke Seluruh Dunia
  2. Mempertemukan Orang dengan Ketertarikan yang Sama
  3. Berbagi Informasi Secara Real-Time
  4. Menjangkau Target Pasar
  5. Peningkatan Sirkulasi Informasi

Oke sekian dari saya untuk cerita saya tentang bagaimana cara mengelola banyak akun sosial media, mungkin pada artikel selanjutnya saya akan membahas tentang :

  • Contoh sosial media yang cocok untuk bisnis
  • Dampak sosial media bagi pengusaha
  • Fungsi sosial media untuk bisnis
  • Sosial media terpopuler di Indonesia
  • Sejarah media sosial

Dan masih banyak artikel tentang sosial media yang lainnya, owh yah bicara mengenai sosial media management, dalam sebuah bisnis itu sangat penting untuk mengelola yang namanya sosial media management, dimana kita akan dapat menjaring konsumen baru dan omset penjualan yang meningkat.

Tertarik untuk mencoba mengelola sosial media management? mungkin kalian bisa berkonsultasi dengan tim Ibrand untuk mengelola sosial media managementnya, karena Ibrand Media adalah agency yang bergerak dibidang :

Ibrand juga siap hadir sebagai mitra kamu dalam memenuhi kebutuhan digital yang kamu butuhkan untuk pengembangan bisnis yang kamu punya.