5 Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial

Manfaat pemasaran melalui sosial media-Siapa yang tidak tahu sosial media atau media sosial, hampir seluruh orang didunia ini menggunakan sosial media untuk menemukan informasi atau berbagi informasi. Karena dari tahun ke tahun penggunaan sosial media semakin meningkat para pembisnis offline maupun online menggunakan sosial media sebagai media pemasaran. Pemasaran melalui sosial media sendiri berarti sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran tersebut. Lalu apa manfaat pemasaran melalui sosial media? simak penjelasannya berikut ini.

manfaat pemasaran melalui media sosial

Manfaat Pemasaran Melalui Sosial Media

1. Membangun dan Menarik Minat Masyarakat

Menggunakan media sosial sebagai media pemasaran merupakan pilihan yang tepat, karena kemampuan sosial media yang dapat membangun dan menarik minat masyarakat.

Bagi pelaku bisnis, Anda akan diuntungkan dengan hal ini karena dengan sosial media Anda bisa dengan mudah menarik minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang Anda jual. Tapi itu akan mudah apabila konten yang disajikan menarik dan tepat sasaran.

2. Membantu Menemukan Konsumen dan Memperluas Target Pemasaran

Media sosial seperti facebook dan instagram membantu para pembisnis kecil untuk menemukan konsumen yang potensial. Jika Anda ingin meperluas target pemasaran menggunakan media sosial sebagai medianya sangatlah tepat. Anda bisa menemukan calon konsumen yang terdekat dengan lokasi bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur location untuk menemukan calon konsumen Anda. Kemudian untuk menemukan calon konsumen yang serupa Anda bisa menggunakan #hashtag yang terkait dengan bisnis Anda.

3. Memudahkan Mendapat Feedback Secara Langsung

Menggunakan sosial media sebagai media pemasaran memberikan Anda akses untuk menerima feedback positif maupun negatif dari konsumen dimana informasi tersebut sangatlah berharga sebagai bahan evaluasi kedepannya.

Ketika Anda mengeluarkan produk baru maka para calon konsumen secara langsung bisa berpendapat mengenai produk yang Anda jual. Hal itu sangatlah menguntungkan bagi para pelaku usaha.

4. Mengembangkan Target Pasar dan Dapat Menyaingi Kompetitor

Dengan media sosial Anda bisa mendapat informasi yang penting tentang kompetitor dengan begitu Anda bisa meningkatkan strategi pemasaran.

Dengan cara ini, Anda bisa menganalisa teknik seperti apa yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan yang lebih baik dari apa yang mereka lakukan.

Anda juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk melihat kekurangan dan kelebihan kompetitor. Cari kompetitor atau pendahulu bisnis yang serupa dengan Anda kemudiaa perhatikan teknik apa yang mereka lakukan dan Anda bisa membuat strategi pemasaran yang lebih baik dari mereka.

5. Meningkatkan Jumlah Penjualan Produk

Manfaat dari pemasaran melalui sosial media yang paling penting ialah meningkatnya jumlah penjualan produk Anda.

Pemasaran melalui soial media memudahkan Anda dalam mencari konsumen dan memberikan informasi yang menarik bagi calon konsumen. Dengan demikian calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Media Sosial

Keunggulan dan kekurangan pemasaran melalui media sosial adalah sebagai berikut :

Kelebihan Pemasaran Melalui Sosial Media

1. Dapat Digunakan Secara Gratis

Pemasaran menggunakan sosial media tentu saja dapat dilakukan secara gratis, Anda hanya perlu posting-posting konten yang sekiranya mampu menarik calon konsumen tertarget. Untuk mendapat hasil yang lebih baik Anda dapat memposting konten ke grup-grup yang relevan dengan produk Anda.

2. Efektif Untuk Menjalin Hubungan dengan Konsumen

Media sosial sebagai media promosi mempunyai nilai plus dibandingkan media promosi yang lainnya. Dengan menggunakan media sosial para pelaku bisni bisa dengan mudah menjalin interaksi dengan para konsumen. Anda sebagai pelaku bisni bisa langsung mengetahui apa yang dikeluhkan pelanggan dan juga bisa mengevaluasi kekurangan untuk diperbaiki lagi.

3. Menjangkau Banyak Orang

Media sosial sebagai media promosi dapat menjangkau banyak orang, ya bagaimana tidak? hampir semua orang didunia ini menggunakan media sosial, hal ini memungkinkan para pelaku bisnis dapat menjangkau calon konsumen sesuai target yang telah ditentukan.

Kekurangan Pemasaran Menggunakan Sosial Media

1. Kurangnya Kepercayaan dari Pelanggan

Pemasaran menggunakan media sosial memang sangat mudah untuk menjangkau calon konsumen, namun karena antara pembisnis dan calon konsumen tidak bertemu langsung hal itu menjadikan kurangnya kepercayaan dari calon pelanggan tersebut.

Tidak sedikit kasus penipuan melalui media sosial itulah yang menjadi faktor kurangnya kepercayaan para calon konsumen untuk bertransaksi melalui media sosial.

2. Persaingan Cukup Ketat

Sebagian besar pelaku usaha memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, karena aksesnya yang mudah dan biaya yang terjangkau. Dengan begitu pemanfaatan sosial sebagai media pemasaran sangatlah banyak sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat antara pelaku usaha.

Pemasaran melalui media sosial terlihat mudah, tapi apakah Anda mempunyai waktu untuk mengelola sosial media Anda sedangkan Anda harus mengurusi berbagai pekerjaan yang lain. Anda tidak perlu khawatir ibrand hadir dengan tim profesional yang handal dalam digital marketing akan siap membantu mengelola sosial media Anda. Sekian dan terimakasih semoga aritkel ini membantu Anda.