Era digital sedang kita jalani, dimana sekarang semuanya serba mudah.
dari mulai aktifitas sosial sampai dengan berbisbis sekarang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat untuk berkembang. cara mudah untuk mengembangkan bisnis adalah melalui Media Sosial.
Kenapa? menurut data yang dilansir dari beberapa situs survei, penggunan Media Sosial semakin naik tiap tahun. ditambah lagi perubahan pola hidup manusia zaman sekarang yang senang dan ketagihan berbelanja online, menjadikan alasan terbesar kenapa media sosial merupakan lahan basah untuk mengembangkan bisnis.
Peran Social Media dalam Bisnis di Era Digital
Daftar Isi
Media Sosial era digital ini sungguh sangat membantu perkembangan bisnis, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi yang luar biasa. membuat semuanya terlihat sangat praktis dan simpel, contoh dari praktis dan simpel yang saya jelaskan ini adalah, mudahnya mencari barang dan bertransaksi.
Semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan gadget dan koneksi internet, mulai dari berbelanja barang-barang kebutuhan dan membayar tagihan.
Perkembangan sosial media dan teknologi juga dirasakan oleh pebisnis, dimana kita sebagai pebisnis akan sangat mudah memasarkan dan juga menjual produk.
perbedaan ini sangat dirasakan jika kita membandingkanya dengan zaman dulu, dimana ketika ingin membuka usaha kita harus memiliki tempat, sekarang sangat simple dan mudah kita hanya perlu membuka akun di penyedia layanan marketplace.
Persaingan Pemasaran Dunia Digital
Kemudahan dan kenyamanan yang diberikan dunia zaman digital ini membuat semua orang berbondong-bondong ikut memasarkan produknya, persaingan pemasaran dunia digitalpun berakhir sengit. hal ini seharusnya membuat kita dapat cepat beradaptasi dan mulai mencari agar tidak terdepak dan terlupakan.
Caranya bagaimana?
Caranya dengan memanfaatkan platform sosial media itu sendiri, dimana kita akan membangun audience dalam jumlah yang besar dan menciptakan konsumen kita sendiri.
sebagai informasi platform sosial media yang ada sekarang dan memiliki pengguna terbanyak adalah :
- Twitter, dan
kita bisa memanfaatkan platform sosial media diatas untuk menjaring konsumen. lalu apa yang bisa kita lakukan atau yang bisa kita manfaatkan di platform sosial media itu? berikut dibawah ini adalah daftar yang bisa kita lakukan :
Media Promosi Produk
Jika kita selama ini membayar iklan untuk mempromisikan produk kita, atau menyewa baliho untuk memasang iklan produk kita.
sekarang cara itu sudah tidak efektif dan tidak menghasilkan lagi, ada cara gratis dan menghasilkan pendapatan yang besar dengan mengeluarkan biaya yang sedikit, yaitu memanfaatkan sosial media sebagai media promosi produk.
kenapa kemudian saya mengatakan bahwa dengan menjadikan sosial media sebagai promosi produk dapat menghasilkan pendapatan yang besar? dengan mengeluarkan biaya yang sedikit.
karena hampir semua orang memiliki sosial media, bahkan kebanyakan dari mereka malah memiliki lebih dari satu akun. hal ini lah yang kemudian bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dengan mengeluarkan biaya yang kecil yaitu dengan mempromosikan produk.
Sarana untuk Membangun Komunikasi dengan Pelanggan
Sosial media juga bisa menjadi jembatan penghubung untuk kita membangun komunikasi dengan pelanggan, cara yang sangat praktis dan menyenangkan. Karena selain kita bisa menjalin komunikasi dengan pelangan, kita juga bisa mencari pelanggan baru dengan mempromosikan produk kita.
Kemudahan komunikasi ini juga memungkinkan kita untuk bisa lebih dekat dengan calon pelanggan kita loh, yang membuat konversi penjualan kita bisa naik.
Berbagi Informasi Umum yang Terkait dengan Bisnis/Usaha
Sosial media itu sangat ajaib, kita bisa berbagi dan mencari informasi tentang apa-apa yang kita butuhkan.Dalam hal ini adalah berbagi dan mencari informasi terkait dengan bisnis dan usaha kita, kemudahan ini bisa membuat kita cepat mempelajari cara-cara / trik yang digunakan lawan bisnis kita.
Selain itu kita juga bisa menjaring minat konsumen dengan memberikan informasi menarik atau tips-tips yang berguna dan menarik untuk dibaca dan di ikuti.
Pada point penting ini, mungkin kita perlu meningkatkan lemari keilmuan kita dengan banyak ilmu baru tentang membangun ketertarikan audience di sosial media. karena jika orang-orang sudah tertarik atau dalam artian sudah mengenal kita, maka pemasaran dan pembentukan konsumen akan sangat mudah dilakukan.
Menjaring Konsumen/Target Pasar Baru
Media sosial memberikan banyak sekali keuntungan jika kita benar-benar serius mengelolanya, didalam platform media sosial seperti yang sudah saya jelaskan diatas memiliki jutaan pengguna.
Potensi yang sangat luarbiasa yang bisa kita olah dan kembangkan untuk menjaring konsumen dan target pasar baru.
Menjaring konsumen akan sangat mudah sekali, jika benar-benar dijalankan dengan baik, salah satunya adalah dengan mengelola sosial media melalu Personal Branding misalnya.
Nah, itulah artikel tentang Peran Penting Social Media Management Dalam Bisnis.
penasaran tentang Personal Branding? atau ingin mengelola sosial media dengan baik?
Yuk konsultasikan dengan team dari Ibrand Media, karena Ibrand Media adalah agency yang tidak hanya bergerak dibidang :
- Digital Branding
- Jasa Pembuatan Website
- Jasa Pembuatan Software dan
- Jasa Iklan
Iklan tapi juga siap hadir sebagai mitra kamu dalam memenuhi kebutuhan digital yang kamu butuhkan untuk pengembangan bisnis yang kamu punya.
Ibrand media siap hadir untuk menjadi Anda guna memberikan solusi paling tepat untuk bisnis Anda saat ini.