Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Search Engine Marketing (SEM)

Pengertian SEM (Search Engine Marketing) – Di era digital ini persaingan bisnis mulai ketat, setiap perusahaan harus mempersiapkan strategi pemasarannya dengan baik dan tepat. Salah satu strategi pemasaran yang saat ini efektif adalah pemasaran digital.

Banyak sekali kategori pemasaran digital itu sendiri, namun kali ini kita akan membahas pemasaran digital yang melibatkan search engine. Teknik pemasaran yang melibatkan search engine salah satunya ialah SEM (Search Engine Marketing) berikut penjelasan dan manfaat mengenai SEM.

Pengertian SEM

Pengertian Search Engine Marketing atau biasa disingkat SEM menurut wikipedia adalah adalah bentuk pemasaran Internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil mesin pencari (SERP) terutama melalui iklan berbayar. SEM dapat memasukkan optimasi mesin pencari (SEO), yang menyesuaikan atau menulis ulang konten situs web dan arsitektur situs untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari untuk meningkatkan daftar bayar per klik (PPC)

Cara kerja SEM adalah Anda memasang iklan untuk kata kunci tertentu sesuai dengan kebutuhan, kemudian apabila ada seseorang mencari kata kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan website Anda di urutan paling atas pada SERP (Search Engine Result Page).

Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)

Layanan berbayar ini, Anda bisa lakukan melalui Search Engine seperti Google Ads dan Bing Ads. Berikut cara kerja SEM.

Pertama, Anda sebagai pengguna harus melakukan register pada layanan google ads atau bing ads. Selanjutnya Anda juga harus menentukan detail kampanye digital yang diinginkan misalnya jumlah anggaran yang disediakan, kata kunci yang menjadi sasaran, lokasi yang diinginkan dan sebagainya.

Kedua, pada tahap kedua ini mesin pencari akan melakukan pelelangan diantara para mengiklan yang menyasar keyword yang sama.

Ketiga, mesin pencari akan melakukan pemenang lelang pada halaman hasil pencarian. Perlu diketahui bahwa semakin besar anggaran yang Anda keluarkan maka akan mendapat banyak kesempatan promosi Anda ditampilkan paling atas mesin pencarian.

Keempat, kemudian setalah iklan berjalan Anda akan mendapat laporan kinerja iklan anda. Selanjutnya Anda harus membayar sesuai jumlah klik yang Anda dapatkan.

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

Sebagai metode pemasaran yang umumnya mengandalkan iklan berbayar, SEM memiliki banyak manfaat dan efektivitas lebih tinggi daripada metode pemasaran lain yang tidak berbayar. Apa saja manfaatnya? berikut manfaat yang Anda peroleh dari SEM.

1. Meningkatkan Konversi

Pada umumnya, SEM cenderung dimanfaatkan untuk menghasilkan konversi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, SEM biasanya menargetkan kata kunci yang mengandung niatan untuk melakukan pembelian, sehingga trafik yang dihasilkan adalah para pengunjung website yang memang memiliki keinginan untuk membeli. Hal inilah yang akhirnya akan meningkatkan konversi Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Bukan hanya meningkatkan conversion saja, penggunaan SEM juga bagus untuk meningkatkan brand awareness yang Anda miliki, Berdasarkan riset yang dilakukan oleh pihak Google, SEM bisa meningkatkan brand awareness lebih tinggi, yakni sampai 80% dibanding penggunaan SEO atau produk lainnya. Walaupun tidak diklik tetapi iklan Anda akan tetap tampil dihalaman mesin pencari.

3. Biaya Yang Dapat Disesuaikan

Anda dapat menentukan biaya sesuai dengan kemampuan Anda, tapi perlu diingat semakin banyak anggaran yang dikeluarkan maka semakin besar kesempatan Anda mengalahkan kompetitor.

4. Efektif Untuk Menjangkau Pelanggan Lokal

Salah satu keunggulan SEM ialah dapat menjangkau audiens yang berdekatan dengan lokasi bisnis yang Anda miliki.

Selain dengan SEM, toko fisik umumnya memanfaatkan Google My Business agar toko tersebut tampil di Google Maps, sehingga lebih mudah ditemukan oleh penduduk lokal yang ingin berkunjung.

Kombinasikan keduanya (My Business dan SEM) dan bisnis Anda akan mendapatkan konversi dan brand awareness yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

5. Bayar Hanya Jika Mendapat Klik

Salah satu mekanisme pembayaran SEM yang paling populer adalah menggunakan skema Cost per Click (CPC) atau biaya per klik. Bisa dikatakan Anda akan membayar jika iklan Anda diklik, tetapi kalau iklan Anda tidak diklik Anda tidak Perlu membayarnya.

Kelebihan dan kekurangan Search Engine Marketing (SEM)

SEM memang sangat efektif untuk melakukan promosi digital, namun disamping itu SEM juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan SEM.

Kelebihan Menggunakan SEM

1. Menjangkau Banyak Orang

Dengan memanfaatkan Search Engine sebagai tempat pemasaran Anda akan lebih banyak menjangkau banyak Audiens, bagaiamana tidak?. Saat ini hampir seluruh orang didunia menggunakan Search Engine untuk mencari informasi.

2. Bisa MenentukanTargetKeyword Yang Diinginkan

Keunggulan SEM lainnya yaitu dapat menentukan target keyword sesuai target audiens Anda.

3. Meningkatkan Lalu Lintas Kunjungan Website

Tujuan akhir dari SEM adalah membuat website Anda berada diperingkat terbaik mesin pencari. Karena itu SEM dapat meningkatkan kunjungan website Anda.

4. Dapat Mengontrol Budget

SEM menerapkan sistem pay per click (PPC) dimana Anda hanya perlu membayar konten yang mendapat klik dari audiens. Dengan sistem inilah Anda bisa menggunakan biaya pemasaran dengan lebih bijak dan tentunya lebih efisien. Sistem ini juga membuat SEM lebih murah diabndingkan pemasaran digital lainnya.

5. Efektifitas Diukur dengan Jelas dan Mudah

Salah satu kelebihan pemasaran dengan teknologi ialah Anda akan mendapat laporan dari iklan yang sudah berjalan. Begitu juga dengan SEM Anda akan mendapat laporan kinerja dari promosi yang sudah berjalan dengan begitu Anda juga bisa mengevaluasinya kembali.

Kekurangan Menggunakan SEM

1. Kompetitif

Mesin pencari memiliki milyaran informasi begitu juga informasi sama yang Anda ingin berikan. Maka dari itu bersiaplah bersaing dengan kompetitor lainnya, semakin besar anggaran maka semakin besar kesempatan Anda mengalahkan kompetitor.

2. Membutuhkan Waktu Lebih

Membutuhkan banyak waktu untuk menentukan kata kunci yang ampuh sesuai dengan target yang Anda inginkan. Selain itu perangkat dan aplikasi juga sangat berpengaruh kepada kualitas promosi Anda.

4. Minim Konten Visual

Salah satu kekurangan pemasaran menggunakn SEM ialah minim konten visual. SEM hanya menampilkan sebuah judul website pada halaman mesin pencari.

Demikian pengertian mengenai Search Engine Marketing (SEM). Selain menggunakan Search Engine Marketing teknik pemasaran yang melibatkan mesin pencarian yang lain adalah SEO. Lalu apa perbedaan antara Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO), berikut akan dijelaskan secara singkat.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization (SEO) secara singkat adalah sebuah teknik untuk membuat halaman website yang Anda inginkan berada paling atas di mesin pencari.
Tujuan dari SEO itu sendiri adalah menempatkan website berada paling atas mesin pencari atau setidaknya dihalaman depan mesin pencarian.

Setalah mengerti apa itu SEO, sekarang apa perbedaan antar SEO dan SEM, berikut penjelasannya.

Prebedaan Antara SEM dan SEO

SEM dan SEO memiliki hasil akhir yang sama yaitu membuat website berada dihalaman pertama mesin pencarian. Namun ada beberapa perbedaan antara keduanya.

1. Biaya

Pada SEO tujuan akhir itu berusaha dicapai dengan metode tanpa membayar langsung kepada mesin pencarian seperti Google alias gratis. Walaupun pada prosesnya memerlukan biaya.

Berbeda dengan SEO, Search Engine Marketing justru langsung menggunakan iklan berbayar, dimana penggunanya melakukan pembayaran kepada Search Engine untuk mencapai tujuan akhir yaitu berada diperingkat terbaik mesin pencari. Jadi Anda tidak bisa menggunakan SEM tanpa modal.

2. Waktu

Karena SEM langsung melakukan pembayaran kepada pihak mesin pencari, maka hasilnya bisa diaktan instan atau langsung pada saat itu juga. Tapi hal ini juga tergantung pada kompetitor yang memasang iklan dengan keyword yang sama dengan Anda.

SEO sendiri memerlukan waktu yang lumayan lama untuk mendapatkan hasil. Biasanya hasilnya baru muncul setelah beberapa bulan.

3. Efek

Walaupun menggunakan teknik SEO prosesnya lama hasilnyapun akan bertahan lama. Sedangkan menggunakan teknik SEM, seperti prosesnya yang instan efeknya juga akan bertahan jika anggaran yang Anda sediakan belum habis atau hasil akan ditampilkan selama anggaran masih ada.

Demikian perbedaaan Antara SEO dan SEM, kedua teknik pemasaran tersebut sangatlah efektif tergantung bagaimana kebutuhan Anda. Sebagaia upaya membantu para pembisnis untuk memajukan bisnis nya ibrand juga membuka jasa SEO dan SEM, Anda bisa cek jasa layanan kami untuk info lebih lanjut. Terimakasih semoga bermanfaat.