Mengenal Istilah Startup Dan Layanan Produknya

Selamat malam, kali ini winstarlink akan mencoba mengupas tentang istilah-istilah yang sering muncul dalam sebuah bisnis Startup. semoga dalam artikel yang membahas tentang Mengenal Istilah Startup, bisa membantu kita memahami lebih baik lagi apa itu Startup

Mengenal Istilah Startup Dan Layanan Produknya

Pengertian Startup Menurut Ahli

Apa sih sebenarnya Startup itu? mungkin untuk sebagian orang mendengar kata startup adalah hal yang asing.

Kata Startup ini merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang memiliki arti “ Aksti atau proses untuk memulai organisasi atau bisnis.

Menurut  Wikipedia Startup adalah perusahaan yang baru berpoerasi, dimana perusahaan ini masih dalam proses pengembangan dan penelitian untuk bisa mencapai target atau pasar yang tepat.

Perkembangan Startup Di Indonesia

Di Indonesia hampir setiap tahun bahkan setiap bulan, Startup baru bermunculan.
Tahun 2020 ini tedata hampir menyentuh angka 1500 lebih startup yang berkembang di Indonesia.

Perkembangan dan pertumbuhan dari Startup ini tidak jauh dari potensi pengguna internet Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Istilah-Istilah Dalam Dunia Startup

Mari kita  mengenal istilah startup yang akan saya bahas  dibawah ini, saya akan merangkum beberapa istilah startup dan contoh starup yang didasarkan pada sektor bisnis yang digarap, startup dikelompokkan ke dalam beberapa kategori bisnis berikut ini:

Agtech(Agriculture Technology)

Yang pertama adalah Agtech(Agriculture Technology) atau yang biasa dikenal dengan Agrotech, istilah ini disematkan pada startup yang dikembangkan untuk memberikan solusi di bidang pertanian, dalam sebuah startup Agtech(Agriculture Technology) ini akan terdapat berbagai macam produk pertanian dan juga hasil laut, startup Agtech(Agriculture Technology) ini pernah di istilahkan dengan Aquatech, namun tidak terlalu popular.

Bentuk layananya bermacam-macam mulai dari :

  • Sistem manajemen
  • Pemantauan
  • Penjualan, hingga
  • Pendanaan.

Contoh startup: Aruna, Eden Farm, TaniHub, dll.

E-commerce

Untuk istilah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, istilah E-commerce ini disematkan startup yang memberikan layanan Jual-beli online.

Dalam beberapa Startup E-commerce ini, sistem yang digunakan identik dengan B2C atau Brand menjual produk ke konsumen, tapi seiring berjalannya waktu E-commerce mulai identik dengan sistem C2C atau konsumen bisa bertindah sebagai penjual dan pembeli.

Beberapa pengambang starup E-commerce yang menggunakan dua sistem tersebut adalah Tokopedia, Shopee dll mengakomodasi dua model tersebut.

Edtech (Education Technology)

Disebut juga Edutech, dimana startup ini bergerak untuk memberikan solusi seputar Edukasi, baik formal maun non-formal.Dalam Startup Edtech (Education Technology) ini layanan yang diberikan adalah :

  • Materi digital
  • Kursus online,hingga
  • Pencarian guru belajar

Contoh startup: Bensmart, Ruangguru, Zenius, dll.

Fintech(Financial Technology)

Siapa yang disini suka meminjam uang, tapi tidak kunjung diberikan pinjamanya? sekarang tidak perlu khawatir lagi dalam pinjam meminjam uang, karena sekarang sudah ada  Fintech(Financial Technology) yang merupakan Startup keuangan yang bisa memberikan layanan seperti :

  • Pinjaman online
  • Dompet digital
  • Platform pembayaran
  • Aplikasi investasi, dan
  • Urun dana.

Sebuah Startup Fintech(Financial Technology) harus dan wajib terdaftar di Bank Indonesia atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Contoh startup: Bibit, Dana, Modalku, dll.

Healthtech(Health Technology)

istilah ini disematkan pada starup yang melayani kesehatan seperti :

  • Konsultasi dokter online
  • Pembelian obat
  • Pemesanan antrean klinik kesehatan
  • Hingga perangkat lunak manajemen untuk institusi kesehatan.

Startup yang begerak di bidangHealthtech(Health Technology)

adalah: Halodoc, Medigo, SehatQ, dll.

Insurtech(Insurance Technology)

Startup ini bergerak dibidang Asuransi yang memberikan layanan untu mendigitalkan produk asuransi, seperti :

  • Manajemen produk asuransi,
  • Pemesanan layanan, hingga
  • Klaim asuransi.

Contoh startup: Premiro, Qoala, Futuready, dll.

Legaltech (Legal Technology)

Selanjutnya ada Legaltech (Legal Technology) atau biasa disebut juga denganlawtech(law technology) dimana starup ini bergerak di bidang hukum dan memberikan pelayanan untuk :

  • Meningkatkan akses
  • Memberikan kemudahan, dan
  • Efisiensi penyelenggaraan jasa hukum

Selain itu Legaltech (Legal Technology) juga memberikan layanan untuk regtech (regulatory technology) yang bermanfaat untuk : Memberikan akses MudahMeningkatkan kemudahan, dan

Efisiensi pelaku usaha untuk mematuhi berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku

Contoh startup: PrivyID, Justika, Lexar, dll.

Loyalty Platform

Loyalty Platform, adalah istilah untuk Startup yang memberikan layanan sistem keanggotaan, layanan ini unutk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap sebuah merek atau bisnis.

Startup ini biasanya berjalan dengan cara mencatat/mereka total transaksi untuk sebuah merk/brand tertentu yang kemudia di konversi menjadi point yang dapat ditukarkan dengan hadiah.

Contoh startup: GetPlus, Tada, Pomona dll.

New Retail

Startup ini sering juga disebut dengan istilah online-to-offline (O2O), yang berarti Starup yang memberikan layanan transformasi ritel tradisional menjadi online tanpa mengjilangkan model bisnis yang sudah diterapkan sebelumnya.

Startup ini biasanya melengkapi toko kelontong dengan produk-produk dari e-commere atau juga memberikan fasilitas toko ritel dengan applikasi yang akan memberikan pengalaman belanja pelanggan.

Contoh Startup nya adala :  Kopi Kenangan, Warung Pintar, Wahyoo dll.

On-Demand

Istilah selanjutnya adalah, On-Demand.

On-Demand adalah istilah untuk Startup yang memberikan layanan pemesanan dengan mengemasnya dalam applikasi, seperti contoh layananya adalah

  • Pemesanan dan pengantar makanan
  • Layanan pemesanan jasa cuci baju, dan sebagainya.

Contoh startup: Sejasa, Mr Jeff, Kulina, dll.

Oke, sekian diatas adalah pembahasan tentang Mengenal Istilah Teknis Dalam Produk Startup, semoga artikel ini bermanfaat!

butuh jasa untuk mengembangkan usaha? Sosial Media Management adalah jawabanya.Kami dari Winstarlink siap memberikan pelayanan terbaik kami, karena Winstarlink Media adalah agency yang tidak hanya bergerak dibidang :

kami juga siap hadir sebagai mitra kamu dalam memenuhi kebutuhan digital yang kamu butuhkan untuk pengembangan bisnis yang kamu punya.

Winstarlink media siap hadir untuk menjadi  Anda guna memberikan solusi paling tepat untuk bisnis Anda saat ini.