5 Tips First Impression yang Baik Saat Bertemu dengan Orang Baru

Bertemu dengan orang yang baru dikenal, biasanya ada rasa canggung dan panik. Apalagi kalau bertemu dengan calon customer ataupun investor.

First impression adalah cara penilaian orang lain terhadap diri kita saat pertama kali berkenalan.

tips first impression yang baik

First impression dalam dunia bisnis sangatlah penting untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan sangat berpengaruh dengan kemajuan perusahaan.

First impression atau kesan pertama sangat penting untuk membranding dirimu di mata orang yang baru dikenal. Walaupun dengan first impression ini, tak semua orang bisa mendapat hati orang yang baru dikenal. Namun, first impression menjadi hal yang penting untuk di perhatikan apalagi dalam dunia bisnis yang notabennya selalu bertemu dengan orang banyak dan orang asing.

Untuk dapat menciptakan first impression yang baik, perlu beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

Tips First Impression yang Baik :

1. Perhatikan Penampilan dengan Benar

Penampilan dan cara berpakaian sangat penting, karena mempengaruhi penilaian orang terhadap karakter dan kemampuan dirimu. Pastikan penampilanmu rapi, bersih serta profesional dan jangan lupa berpakaian yang tepat sesuai dengan budaya di perusahaan.

2. Be Positive

Jangan lupa ketika bertemu orang baru, cobalah buka percakapan dengan senyuman yang ramah, buat lawan bicaramu nyaman terhadap dirimu. Arahkan pada topik yang positif, lebih baik lagi kalau membahas sesuatu yang sedang viral saat itu. Dan yang paling penting tunjukan sikap sopan, terlebih jika orang yang kamu temui lebih tua.

Baca Juga : Cara Berpidato Mudah dan Menghilangkan Rasa Takut

3. Perhatikan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh menunjukan siapa dan bagaimana dirimu, usahakan bergerak yang positif dan sopan. Namun, tetap rileks dan pertahankan sikap tubuh yang terbuka tetapi tidak berlebihan.

4. Buat Kontak Mata

Kontak mata membantu kamu tampak lebih jujur, mudah diingat dan menciptakan hubungan yang lebih erat. Perhatikan porsi kontak mata ini ya, jangan terlalu berlebihan. Karena kalau terlalu banyak, akan menimbulkan sesuatu yang kontraktif atau menyeramkan. Sedangkan kalau terlalu sedikit akan membuatmu terlihat malu-malu, jadi lakukan kontak mata dengan porsi yang sedang-sedang saja.

5. Perhatikan Postur Tubuh

Yang terakhir, jangan lupa perhatikan postur tubuhmu ketika berhadapan dengan orang asing. Karena postur tubuh berpengaruh terhadap presepsi orang lain, apakah kita mempenyuai ketertarikan untuk bisa kenal dan berkomunikasi dengan orang yang baru ditemui.

Dari uraian langkah-langkah di atas, akan berjalan mulus ketika dirimu memiliki mental yang kuat (tidak pemalu) karena mental yang sangat berpengaruh terhadap penilaian orang lain pada kesan pertama bertemu dengan dirimu.

Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Mau bangun personal branding? Serahkan pada ahilnya. ibrand adalah perusahaan digital marketing yang berpengalaman dalam dunia personal branding.

Silahkan hubungi Customer Service kami dan konsultasikan kebutuhan Anda.