Cara Berpidato Mudah Dan Cara Menghilangkan Rasa Takut

Cara Berpidato yang baik itu memang sulit didapatkan, jadi merupakan hal yang wajar jika kita takut dan canggung ketika berbicara didepan publik, apalagi kalau itu adalah momen pertama kita, karena banyak orang yang takut berbicara di depan umum, tapi yah ketakutan itu sebenarnya wajar saja.

Bahkan sekelas President saja masih suka takur berbicara didepan umum, terlebih jika topic pembahasanya adalah isu HAM dan Kemiskinan.

Cara Berpidato Mudah Dan Cara Menghilangkan Rasa Takut Rasa takut berbicara didepan umum itu nggak akan pernah hilang loh, tapi jika kita berusaha untuk tetap tenang dan mengatur nafas, juga mengatur cara bicara kita. semuanya akan baik-baik saja.

Masih belum percaya, pernah nonton Stand Up Comedy? pasti orang yang membawakan materinya didepan penonton akan mengatur nafas dulu, dan diam sejenak baru kemudian dimulai kembali materi yang penuh banyolan recehnya itu, dan lagi jika penontonnya tertawa puas yang membawakan materi malah tambah senang dan bersemangat!

Kami lagi cari artikel belajar pidato untuk pemula? Artikel ini cocok banget buat kamu, karena didalamnya kita akan membahas tentang cara berpidato yaitu:

  • Cara Berpidato Tanpa Teks
  • Contoh Cara Berpidato Yang Baik Dan Benar
  • Tata Cara Berpidato Yang Baik
  • Bagaimana Cara Menyusun Pidato Yang Baik
  • Cara Berpidato Yg Baik Dan Menarik

kita akan membahasnya satu persatu dulu Oke, sekarang saatnya saya memberikan sedikit pembahasan bagaimana Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Saat Berpidato.

Yang paling pertama harus kamu lakukan adalah menyiapkan diri dan jiwa yang kuat, untuk mulai berpidato yang baik, kamu hanya membutuhkan tiga hal penting :

  • Kamu
  • Suaramu, dan
  • Keahlianmu
  1. Anggap Penonton Sebagai Muridmu

Anggap penton adalah muridmu, yang selalu berada disisimu untuk mendukung dan menunggu pelajaran darimu, Anggap mereka ada muridmu yang hanya mendengarkan apa yang kamu katakana dan sampaikan, mereka tidak akan mengajarimu tentang sesuatu tapi mereka yang menunggu di ajari ilmu baru darimu.

  1. Berlatih Lah!

Jika kamu sudah menganggap penonton adalah muridmu, maka kamu harus benar-benar menganggap dirimu sendiri adalah seorang guru, seorang guru haru wajib banget untuk belajar dan berlatih!

Kamu bisa memulainya dengan berlatih berbicara dengan berdiri didepan kaca, baik dikamar, dimobil atau kamu juga bisa berlatih dengan temanmu dan rekan kerjamu, untuk lebih praktis lagi kamu bisa melatih suaramu dengan merekam materi pidato yang kamu punya

  1. Jangan Lupa Bernafas!

Take some deep breaths before you speak, hal yang sepele, tapi sering sekali dilakukan oleh para pemula, jangan lupa untuk bernafas.Tarik nafasmu dalam-dalam sebelum memulai pidato, hal ini bisa membuatmu sedikit tenang dalam

  1. Buatlah pembukaan Yang Singkat dan Simple

Buatlah pembukaan pidato yang singkat, padat dan simple juga mudah di ingat!

ini akan membuatmu bisa menjadi lebih percaya diri, karena orang-orang akan mulai memperhatikan apa yang kamu ucapkan.

  1. Jangan libatkan Hati Dalam Belajar

Sebentar, jangan protes dulu, yang saya maksud disini adalah jangan lafalkan materi pidatomu didalam hati, selalu gunakan suara mulut mu dengan percaya diri.

Melafalkan materi pidato didalam hati juga hanya akan membuatmu takut untuk berbicara didepan banyak orang, kenapa? karena kamu hanya akan melafalkan materi pidato saja tanpa bisa kemudian mencampurkan kata-kata baru atau perubahan-perubahan yang biasanya terjadi saat diucapkan dari mulut.

Oke yang terakhir dan yang terpenting adalah, kamu harus menguasai materi yang ingin kamu bawakan pada saat berpidato nanti, jangan lupa juga untuk tetap tampil natural, berani dan tetap control kontak mata dengan penonton yang hadir, agar mereka tetap focus memperhatikan apa yang sedang kamu sampaikan.