Apa Itu SERP? Pengertian, Fungsi dan Tujuan SERP

Pengertian, Fungsi dan Tujuan SERP

Pengertian dan Fungsi SERP, Perkembangan internet sangatlah pesat, setiap orang dengan mudah mencari informasi, cukup dengan mengetikan keyword atau kata kunci dimesin pencari, maka akan muncul hasilnya. Berkaitan dengan search engine atau mesin pencari ada istilah yang namanya SERP, lalu apa itu SERP?

pengertian dan fungsi serpPengertian SERP

SERP (Search Engine Result Page) dalam bahasa Indonesia memiliki arti halaman pencarian. Jadi SERP adalah halaman hasil pencarian dari kata kunci yang ada di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dll.

Contohnya ketika kita mengetikan kata kunci atau keyword di mesin pencari kemudian muncul hasil dari pencarian itu, nah itulah yang disebut SERP.

Baik sekarang kalian sudah mengetahui apa itu SERP, nah sekarang apa sih fungsi SERP itu?

Baca Juga : Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

Fungsi SERP

Fungsi SERP adalah untuk mengukur sejauh mana kualitas website atau blog yang kita miliki. Semakin bagus kualitas website atau blog maka akan semakin tinggi SERP website dan blog kita. Untuk membuat website yang kita miliki mencapai SERP yang tinggi, kita harus memperbaiki dan rajin mengupdate konten-konten terbaru.

Tujuan SERP

Tujuan SERP adalah menampilkan hasil pencarian dimesin pencari sesuai dengan keyword yang diketikan. SERP akan mereferensikan website-website terbaik sesuai kata kunci yang diacari.

Selain cara di atas ada sebuah teknik untuk mencapai SERP yang tinggi, yaitu SEO (Search Engine Optimization). Banyak para webmaster atau praktisi website menggunakan teknik ini. Berikut penjelasan mengenai SEO.

Pengertian SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization yang dalam bahasa Indonesia berarti optimasi mesin pencari. Jadi, SEO adalah proses optimasi yang dilakukan seseorang terhadap sebuah website yang ditujukan untuk meningkatkan visibilitas halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) menurut para ahli adalah proses optimasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan blog di halaman mesin pencari (search engine).

Tujuan dari SEO sendiri sangat jelas yaitu untuk menaikan kualitas website kita sehingga berada paling tinggi SERP.

Sebagai contoh apabila kita ingin mencari kaos laki-laki, kita tinggal ketik dimesin pencari dan akan muncul hasil-hasil dari pencarian tersebut. Situs yang muncul di halaman awal Google itu karena berdasarkan SEO.

Perbedaan SERP dan SEO

Banyak orang terkadang keliru medefinisikan SERP sebagai SEO atau sebaliknya padahal secara definisi, fungsi dan tujuan SERP dan SEO sudah jelas berbeda. Seperti yang sudah dijelaskan diatas kita sudah mengetahui perbedaan diantara keduanya, hanya satu yang menjadi kesamaan antara SERP dan SEO yaitu sama-sama berkaitan dengan Search Engine.

 

Demikian penjelasan mengenai SERP dan SEO semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sekilas info untuk teman-teman yang mempunyai halaman web dan ingin berada di paling tinggi SERP ibrand ada jasa layanan SEO untuk membantuk kalian semua meningkatkan visibilitas halaman website teman-teman.