Strategi Promosi Penjualan Online untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop

Strategi Promosi Penjualan OnlineStrategi Promosi Penjualan Online untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop – Dalam sebuah perusahaan marketing menjadi kunci utama dalam penyampaian informasi perusahaan kepada konsumen mengenai barang atau jasa. Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen atau pelanggan. Proses ini kemudian dikenal menjadi konsep marketing yang biasa disebut 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.

Walaupun implementasinya berbeda-beda namun tujuan promosi marketing ini adalah sama, yaitu untuk mengenalkan produk atau jasa secara luas kepada masyarakat, dengan berharapan audiens akan tertarik pada informasi yang dibagikan dan berakhir dengan melakukan pembelian tidak terkecuali dengan bisnis online. Berikut beberapa strategi promosi penjualan online untuk bisnis offline maupun online Anda :

Gunakan Gambar Produk Sesungguhnya

Saat ini banyak sekali para pelaku usaha menggunakan gambar yang tidak sesuai dengan kondisi asli produk tersebut. Karena menurut mereka akan lebih menarik konsumen dengan menggunakan gambar yang lebih bagus dan menarik. Memang strategi tersebut bisa menarik konsumen untuk membeli, namun akan lebih baik kita menggunakan gambar yang produk yang sesungguhnya agar memenuhi ekspetasi konsumen dan menghindari kesan penipuan terhadap barang yang Anda jual, sehingga konsumen tidak merasa kecewa.

Manfaatkan Facebook Marketing

Hampir semua orang di dunia ini menggunakan platform social media ini Laki-laki maupun perempuan mulai dari anak-anak sampai dewasa pasti menggunakan platform social media Facebook. Hal ini bisa menjadi pasar yang potensial untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual. Walaupun masih banyak platform social media yang lain, namun facebook menjadi strategi promosi penjualan online yang potensial.

Bergabung dengan Marketplace

Seiring dengan perkembangan bisnis online, banyak pihak yang mengambil keuntungan dengan cara penipuan. Masyarakat tentu saja menjadi khawatir untuk berbelanja online apalagi kalau sumbernya belum jelas. Untuk meyakinkan konsumen untuk melakukan belanja online lagi, ada baiknya Anda bergabung juga dengan marketplace atau e-commerce sebagi pihak ketiga untuk pembayaran, sehingga konsumen merasa lebih aman.

Bergabung dengan marketplace akan memudahkan Anda dalam mempromosikan produk Anda, karena secara otomatis produk Anda akan muncul sesuai dengan kategori yang konsumen cari di platform marketplace tersebut.

Manfaatkan Situs Penyedia Iklan

Strategi marketing online berikutnya Anda bisa memasang iklan melalui situs penyedia iklan seperti, Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads maupaun Twitter Ads. Walaupun metode promosi online ini memerlukan biaya, tetapi hal ini bisa menunjang penjualan produk Anda.

Setelah Anda melakukan hal di atas ada beberapa strategi promosi online lainnya. Yaitu dengan cara menawarkan produk Anda dengan harga yang berfariasi. Berikut beberapa strategi penawaran yang bisa Anda lakukan.

Diskon berbasis persentase: Cara yang paling populer untuk menawarkan diskon adalah diskon berbasis persentase.

Ini bisa termasuk persentase insentif kecil seperti diskon 5% atau 10%, diskon lebih besar untuk mendorong penjualan seperti 20% dan 25% atau persentase besar seperti 50% untuk melikuidasi barang lama.

Diskon berbasis nominal: Penawaran diskon yang dengan nominal tetap akan membuat orang merasa mereka membuang-buang uang jika tidak menggunakannya.

Menurut beberapa studi, diskon dengan nominal meningkatkan penjualan 175% lebih tinggi dibanding diskon dengan persentase.

Jika harga produk cukup terbilang murah maka gunakan diskon persentase, sebaliknya jika harga produk lebih tinggi gunakan diskon nominal. Dengan begini konsumen akan lebih tertarik secara psikologis untuk membeli produk Anda.

Gratis ongkos kirim: Biaya kirim sering disebut sebagai salah satu penyebab konsumen tak jadi berbelanja secara online. Menawarkan free shipping atau pengiriman gratis adalah cara yang bagus untuk meningkatkan konversi.

Gunakan penawaran ini dengan persyaratan pembelian minimum untuk meningkatkan nilai pesanan konsumen.