Belum banyak yang mengetahui Manfaat Blog bagi Perusahaan. Padahal, penggunaan blog bagi perusahaan saat ini mungkin menjadi sesuatu yang wajib. Kita tahu banyak perusahaan besar seperti Microsoft ataupun Google semuanya memiliki Blog.
Lantas apa Manfaat Blog bagi perusahaan? Salah satu fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan konsumen serta sebagai media untuk menjaring masukan dari konsumen. Banyak pengguna suatu produk akan menuliskan ulasan mengenai produk tersebut melalui blog.
Dengan memiliki blog, perusahaan dapat turut serta dalam komunitas konsumen sehingga dapat segera mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Kita dapat mengambil pelajaran dari apa yang dialami oleh perusahaan Kryptonite yang rugi jutaan dollar hanya karena kurang mendengarkan suara pelanggannya.
Berikut ini beberapa penggunaan blog dalam kaitannya dengan dunia bisnis (perusahaan).
Komunikasi dengan Pelanggan
Daftar Isi
Blog dapat digunakan untuk mempublikasikan pengumuman, berita, acara, artikel ataupun produk baru. Melalui blog, konsumen juga dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan atau produk-produk terbarunya. Konsumen juga bisa memberikan komentar, tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management maupun pelayanan yang diberikan.
Salah satu contoh perusahaan yang sukses menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan konsumen adalah Google. Melalui blog resminya, https://blog.google/, Google menyajikan berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan lebih dari 250ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat baik.
Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (ataupun personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk ataupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Menarik Perhatian Konsumen
Perusahaan dapat memanfaatkan blog untuk menarik perhatian konsumen tentang suatu produk yang akan diluncurkan. Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan yang berkenaan mengenai film yang akan dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton film saat dirilis.
Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang membuat serta menjual suatu aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat shortcut ke berbagai file, folder ataupun aplikasi di pc kita. Sasaran penggunanya merupakan orang yang mau bekerja secara cepat serta efektif. Buzz berkata kalau lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya, berasal dari web seseorang yang mereview aplikasi ActiveWords. Bahkan suatu review di USA Today dapat menaikkan penjualan sampai 2. 3 juta satu hari.
Memperbaiki Kesalahan Perusahaan
Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal, http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.
Sebagai media kolaborasi, project management dan komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar pegawai. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan.
Menjalankan Content Marketing
Fungsi blog yang pertama adalah menjalankan content marketing. Seperti yang sudah dituliskan di atas, blog di dalam website perusahaan sangat bisa untuk dijadikan media untuk promosi. Dengan berisi artikel-artikel yang informatif dan penuh wawasan, maka para pengunjung website bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan blog.
Namun tidak berhenti di situ saja. Dalam penulisan artikel, bisa juga menyisipkan soft-selling di dalamnya. Walaupun di awal artikel, Anda lebih fokus dalam memberikan materi yang informatif, di akhir artikel bisa ditambahkan informasi produk perusahaan Anda. Dengan begitu, para pembacanya bisa secara langsung tergiring ke dalam content marketing yang Anda buat.
Bisa Membangun Branding
Blog yang ada di dalam website perusahaan juga bisa dipakai untuk membangun branding. Setiap perusahaan pasti memiliki usaha dalam membangun branding. Mereka melakukan berbagai cara agar branding tersebut bisa kuat. Padahal dengan fungsi blog, maka branding yang diinginkan bisa lebih mudah untuk dicapai. Jadi, jangan meremehkan keberadaan blog di dalam sebuah website.
Untuk Aplikasikan Strategi SEO
SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu strategi dalam Digital Marketing yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Alasan utamanya karena bisa mendatangkan berbagai macam keuntungan. Dimulai dari trafik pengunjung ke dalam website, menaikkan brand awareness, hingga akhirnya bisa untuk menaikkan penjualan juga.
Dengan adanya blog, maka strategi SEO bisa diaplikasikan dengan baik. Perlu diketahui, SEO membutuhkan keyword yang dioptimasi dalam bentuk konten. Konten tersebut salah satunya adalah artikel. Dengan banyaknya artikel yang dibuat, maka optimasi keyword yang dijalankan bisa menjadi lebih mudah.
Ketika SEO yang dilakukan bisa berjalan lancar, nantinya website perusahaan Anda bisa tampil di halaman pertama Google Search Engine sesuai dengan keyword yang dioptimasi. Inilah yang membuat perusahaan Anda bisa jauh lebih mudah dikenal oleh para pengguna internet. Pada akhirnya, penjualan bisa meningkat berkat keberadaan blog yang dioptimasi sesuai strategi SEO.
Baca Juga: Itulah fungsi dan juga manfaat blog bagi perusahaan. Jangan pernah menyia-nyiakan keberadaan blog karena itu akan menghilangkan peluang besar Anda di dalam bisnis saat ini. Semoga informasi mengenai manfaat blog bagi perusahaan ini dapat menginspirasi sekaligus menambah wawasan Anda.
Baca Juga :