Cara Menganaliisis Sosial Media Menggunakan Tool Analisis Terbaik

Menganalisis postingan di sosial media merupakan cara terbaik untuk mengetahui seberapa banyak traffic yang dihasilkan dan datang dari postingan tersebut.

Hal itu menjadi sebuah kegiatan yang menarik terutama jika Anda sering melakukan share postingan blog atau website Anda di sosial media.

Tapi terkadang orang-orang masih suka bingung. Bagaimana caranya untuk menganalisis traffic postingan?

Berikut adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya.

1. Buffer

Buffer menawarkan versi gratis dari layanan dimana Anda dapat menambahkan Akun Facebook, Twitter, Instagram dan juga jadwal posting. Tools tersebut juga menawarkan short link dan pelacakan, mirip dengan bit.ly.

Kekurangan dari Buffer adalah saat Anda dapat membuat konten dan jadwal, Anda hanya dapat menjadwalkan hingga 10 posting per profil dan Anda tidak dapat membuat kalender konten. Hal ini juga tidak memungkinkan untuk rekan tim lain atau lebih dari satu profil per platform.

2. Followerwonk

Followerwonk menawarkan versi gratis dari layanan mereka juga. Di sini Anda dapat login ke Twitter dan menganalisis akun Anda, asalkan memiliki Follower di bawah 25.000. Namun, dalam layanan ini Anda dapat menganalisis waktu yang optimal untuk akun Anda melakukan tweeting atau follow/unfollow dalam mengikuti aplikasi. Keunggulan dari layanan ini adalah kemampuan untuk tahu kapan Follower Anda aktif.

3. Iconosquare

Iconosquare, merupakan sebuah layanan yang digunakan secara bebas, kini tersedia untuk $28.80 per bulan (per akun instagram). Dalam versi basic, Anda mendapatkan fitur analytics pada posting Anda dan waktu yang optimal untuk posting, tapi Anda tidak menerima analisis hastag atau analisis pesaing. Anda juga tidak dapat mengekspor hasil analisis Anda.

4. Quintly

Quintly merupakan tool gratis Facebook analytics yang memungkinkan Anda (dalam versi gratis) diberikan dashboard dan user sampai tiga profil. Kekurangan dari layanan ini adalah bahwa hal itu hanya dibatasi hingga 30 hari data. Quintly juga tidak memiliki layanan dukungan atau layanan account manager.

5. Layanan Perusahaan Digital Marketing

Sebuah perusahaan digital marketing adalah cara terbaik untuk menganalisis sosial media Anda. Tidak hanya Anda akan mendapatkan account manager, Anda juga akan mendapatkan dukungan terus menerus. Bagian yang terbaik adalah, Anda tidak perlu melakukan pekerjaan! Biarkan perusahaan menangani segala sesuatu untuk menganalisa konten.

Yang bisa disimpulkan dari artikel kali ini adalah dengan cara menganalisis traffic postingan di sosial media, Anda akan tahu kira-kira langkah apa yang berikutnya harus Anda ambil untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

Baca Juga : 5 Fitur Instagram untuk Mendongkrak Jualan Online Anda