5 Fitur Instagram untuk Mendongkrak Jualan Online Anda

Seiring waktu, fitur Instagram untuk jualan mulai banyak bermunculan, yang dapat mempermudah anda dalam mengelola bisnis anda.

Ya, di era digital yang semakin maju ini. Banyak orang memilih untuk berjualan melalui sosial media, salah satunya menggunakan Instagram.

Selain menjadi salah satu media sosial favorit banyak orang, berjualan di Instagram juga tidak memerlukan lapak jualan. Anda cukup perlu laptop atau smartphone dan tentu saja internet sebagai modalnya.

Bahkan, Instagram juga kini sudah didukung dengan fitur Instagram bisnis yang ditujukan untuk keperluan usaha.

Dengan mengganti profil anda ke Instagram bisnis, maka anda dapat mengetahui perkembangan bisnis anda tanpa perlu mengeluarkan budget untuk langganan situs khusus report sosial media.

Misalnya pada audience insights, anda dapat mengetahui informasi tentang para followers.

Mulai dari usia, jenis kelamin, hingga lokasinya. Nah, informasi tersebut diurutkan dari yang paling banyak hingga yang terkecil.

Kemudahan itulah yang membuat banyak orang beralih untuk berjualan di Instagram. Walaupun begitu, anda juga perlu strategi agar produk yang dijual banyak dilihat orang dan tentu saja laris manis.

Karena itu, kali ini kami ingin memberikan beberapa informasi fitur Instagram untuk jualan yang dapat anda manfaatkan untuk mendongkrak bisnis anda. Apa saja itu?

Inilah 5 Fitur Instagram yang musti anda coba :

1. Auto reply

Tak bisa dipungkiri, banyak konsumen yang sering bertanya melalui kolom komentar. Padahal, penjual sudah mencantumkan kontaknya pada halaman profil.

Pertanyaannya pun bermacam-macam, ada yang bertanya harga, ketersediaan warna apa hingga ukuran.

Nah, banyak konsumen yang akhirnya “kabur” alias tidak jadi beli karena pertanyaannya tidak ditanggapi oleh si penjual.

Terutama untuk anda yang baru saja mulai berjualan, mendapatkan reputasi baik mengenai kesigapan dalam melayani konsumen adalah hal yang penting.

Karena itu, sebaiknya anda manfaatkan fitur auto-reply untuk menjaga hubungan dengan pelanggan.

Untuk menggunakannya, anda bisa menemukannya di menu “Setting” > “Pengaturan Bisnis” > “Balasan Cepat”. Selanjutnya tulislah balasan yang kemungkinan akan banyak ditanyakan oleh konsumen anda.

2. Instastory

Fitur instastory juga bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan jualan. Instastory bahkan kini sudah menjadi salah satu media promosi yang cukup menarik. Setiap harinya, pasti ada saja orang yang melakukan instastory. Benar gak?

Bahkan menurut Instagram, setiap harinya ada sekitar 400 juta instastory yang berseliweran, dan Indonesia masuk ke dalam salah satu negara dengan pengguna fitur instastory terbanyak di dunia. Nah, anda bisa memanfaatkan momentum itu untuk mempromosikan jualan anda.

Anda dapat membuat konten dengan format vertikal semenarik mungkin yang kemudian bisa dianalisis lewat fitur insight.

Salah satunya, anda bisa menggunakan fitur interaktif seperti Poll Sticker hingga Ask Me a Question untuk membangun interaksi dengan followers.

3. Insight

Ada juga fitur insight, yaitu fitur yang akan memberi masukan dan memberikan analisis atau report kepada pelaku bisnis. nformasinya berupa demografi, usia, serta minat konsumen.

Hal tersebut tentu saja sangat membantu anda untuk mengetahui minat para followers, yang mana data tersebut bisa dijadikan acuan oleh anda untuk membuat konten yang sesuai dengan target pasar.

4. Siaran Langsung (Live)

Selain Instastory, fitur siaran langsung atau live juga ternyata berhasil menarik calon pembeli lho. Sebab, tidak sedikit pula konsumen yang ingin mengetahui cerita di balik layar bisnisnya.

Misalnya anda live mengenai dibalik pembuatan menu makanan atau menjelaskan spesifikasi sebuah produk hp atau elektronik.

Selain itu, anda juga dapat berinteraksi langsung dengan para followers. Seru banget kan?

5. Tagar atau Hashtag

Banyak juga pengguna Instagram yang menggunakan tagar atau hashtag untuk mencari produk yang mereka ingin beli.

Jadi, tagar bisa dibilang bermanfaat untuk menjaring konsumen. Anda bisa menggunakan tagar yang unik dan tentunya harus sesuai dengan bisnis anda agar dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen.

Namun, sebaiknya anda tidak menggunakan tagar yang terlalu banyak agar tak dianggap spam oleh konsumen. Karena hal itu, fokuslah gunakan satu atau tiga tagar supaya lebih dipercaya oleh konsumen.

Itu dia lima fitur Instagram yang bisa anda manfaatkan untuk mendongkrak penjualan serta menghasilkan cuan. Tertarik menggunakan beberapa fitur di atas?

Baca Juga :Daftar Instagram Tools Markerting Terbaik

Baca Juga :Strategi Promosi Penjualan Online untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop