10 Tools Pendukung Untuk Membuat Konten Marketing

tools untuk membuat konten

Membuat konten yang menarik untuk blog bukanlah hal yang mudah. Karena, Anda harus memikirkan berbagai faktor sebelum membuat konten yang akan dilihat oleh calon konsumen anda. Beda pasar, maka beda pula kontennya. Tapi, Tenang saja, 10 tools pendukung ini akan membantu anda dalam membuat konten marketing yang menarik.

Daripada Anda bingung memikirkan ini semua dan malah jadi tidak membuat konten marketing satu pun, gunakan 10 tools pendukung di bawah ini untuk membantu Anda.

1. BuzzSumo

Tools yang pertama ini memudahkan Anda untuk melakukan riset tentang konten-konten yang sudah ada. BuzzSumo akan membuat daftar postingan populer yang sering dicari oleh audiens dan menampilkannya dengan cepat. Sehingga, Anda tak perlu bingung untuk menerka apa yang sedang populer di kalangan target audiens Anda.

Hebatnya lagi, BuzzSumo juga dapat memberi konten populer ini berdasarkan media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter hingga Pinterest. Mengapa Anda harus mengetahui ketiganya? Hal ini dikarenakan user behavior di masing-masing media sosial cukup berbeda. Sehingga konten yang menarik dari masing-masing media sosial pun akan berbeda. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan bisa membuat strategi konten yang lebih komprehensif.

2. Google Docs

Bagi Anda yang bekerja dalam sebuah tim untuk membuat konten dan tim tersebut tidak berada dalam satu ruangan yang sama, sebaiknya Anda menggunakan Google Docs. Tools satu ini juga mempermudah file sharing Anda dengan teman setim lainnya tanpa harus repot menyalin dari flash disk satu ke yang lainnya. Mereka pun bisa langsung memberikan perubahan di dokumen-dokumen yang ada.

Selain itu, tools ini juga memudahkan Anda dan klien saling sharing data yang diperlukan. Sehingga, diskusi pembuatan konten dan pemberian hasil konten akan jauh lebih mudah dan efektif.

3. Yoast SEO

Berbeda dengan dua tools sebelumnya, Yoast SEO yakni tools atau plugin yang harus diinstal di dalam WordPress. Tentu ada cukup familiar dengan WordPress, ‘kan? Dengan Yoast SEO, Anda dengan mudah untuk menganalisa konten yang dibuat, memiliki SEO yang bagus atau tidak. Apakah konten Anda memiliki  SEO yang optimal atau tidak.

Yoast SEO juga bisa memberikan skor untuk konten yang Anda tulis di WordPress, apakah konten tersebut akan mudah ditemukan oleh para pembaca atau tidak. Jadi, Anda bisa melihat gambaran konten yang Anda buat bisa memberikan hasil atau tidak. Yoast SEO juga memiliki sistem bahasa yang bisa diubah, sehingga konten Anda akan bisa dinilai berdasarkan bahasa yang sesuai, tidak hanya dengan bahasa Inggris saja.

4. Google Analytics

Dengan memiliki tools satu ini, Anda bisa meninjau kinerja konten-konten yang sudah dibuat. Seberapa besar konten tersebut dilihat dan apakah target audiens Anda sesuai dengan hasil dari analisis Google, semua bisa Anda lihat dengan Google Analytics. Ingat, konten ramai namun bila tidak ada dari target audiens yang melihat, artinya konten tersebut tidak tepat sasaran. Jadi, sebaiknya Anda untuk menganalisa konten yang sudah dibuat satu per satu dengan Google Analytics.

5. Pinterest

Pinterest merupakan sebuah sosial media platform yang memanfaatkan konten visual.

Orang-orang dapat mencari berbagai macam konten dengan tema-tema tertentu seperti marketing, lifestyle, kesehatan, food, fashion dan masih banyak lagi.

Anda dapat mencari konten-konten yang dirasa sesuai dengan selera audiens Anda.

Pinterest juga memungkinkan Anda untuk mengikuti board lain yang dapat membantu Anda dengan ide dan inspirasi dari bisnis yang memiliki audiens target yang sama seperti milik Anda.

6. Scoop.it

Tool ini akan membantu Anda dalam mencari konten paling relevan berdasarkan topik spesifik dan bagikan ke sosial mediaAnda.

Tool ini juga akan memberikan Anda informasi mengenai topik-topik lainnya yang relevan lainnya yang bisa dijadikan sumber ide.

7. Feedly

Tool kurasi konten ini memudahkan Anda dalam mengakses dan membaca seluruh website, blog, situs berita, hingga channel youtube dan menyimpan informasi tersebut untuk dijadikan konten nantinya, atau dibagikan di sosial media.

Anda hanya perlu mencari situs yang Anda inginkan lalu menambahkannya ke personal feed Anda.

8. Curata

Curata akan mengkurasi Konten yang paling relevan dikirimkan kepada Anda secara otomatis, semuanya di satu tempat.

  • Ratusan ribu sumber
  • Belajar dan dinamis menyesuaikan dengan preferensi konten Anda
  • Memungkinkan crowdsourcing dari seluruh organisasi Anda

Baca Juga : Cara Menganaliisis Sosial Media Menggunakan Tool Analisis Terbaik

9. Pocket

Pocket adalah sebuah tool yang sangat mudah untuk digunakan. Tool ini hadir bersama plugin yang harus Anda install.

Kapanpun Anda menemukan sebuah konten yang menarik, Anda dapat menyimpannya hanya dengan menekan sebuah tombol.

Anda juga bisa mengelompokan konten yang telah disimpan dengan tag, Anda juga dapat mengakses konten-konten ini secara offline.

10. Listly

Listly adalah alat kurasi konten super berguna lainnya yang perlu diketahui. Alat yang mudah digunakan ini tersedia baik sebagai aplikasi web maupun aplikasi iOS.

Hal Ini memungkinkan Anda untuk mebuat daftar yang terorganisir dan dikuratori dengan tetap memperhatikan target audiens Anda.

Yang unik dari Listly ini adalah memungkinkan Anda untuk melibatkan audiens dalam proses kurasi. Audiens dapat menntukan upvote atau downvote pada setiap item dalam daftar Anda, membagikannya, dan bahkan menyarankan item untuk ditambahkan ke daftar Anda.

Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa konten Anda disesuaikan dengan minat audiens Anda dan juga untuk membantu Anda terus membuat konten.

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Blog Bagi Kelangsungan Suatu Perusahaan

Meskipun kurasi konten dapat menjadi tambahan yang bagus untuk strategi pemasaran konten Anda, penting untuk tidak menganggapnya enteng.

Pastikan untuk membuat konten yang timely, informatif, dan relevan untuk audiens target Anda. Jangan lupa gunakan tools kurasi konten di atas agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal

Tools pendukung di atas perlu dicoba untuk memudahkan anda dalam membuat konten marketing. Mungkin diawal anda akan bingung saat pertama kali memakainya. Namun jangan ragu untuk terus belajar karena bila sudah bisa menggunakan semuanya dengan baik, konten Anda akan jauh lebih berkualitas dan tersasar dari sebelumnya.