Cara Membuat Konten Video Marketing Yang Menarik dan Efektif

cara membuat video marketing

Terdapat jenis pemasaran dalam sosial media, Video marketing adalah salah satunya. Video Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis yang paling disukai oleh calon pelanggan sebelum menggunakan atau membeli suatu produk. Tetapi, terkadang banyak content-creator masih belum mengetahui cara membuat video marketing yang menarik dan efektif.

Jika brand Anda sedang melakukan kampanye pemasaran di sosial media, khususnya YouTube berikut 7 tips untuk melakukan pemasaran video dengan budget terbatas.

1. Riset Konten yang dibutuhkan

Sebelum Anda membuat video marketing, Sebaiknya melakukan riset konten terlebih dahulu. Tujuannya yaitu agar video yang Anda buat relevan dengan bisnis Anda dan lebih tertarget.

Dalam meriset konten, ada 2 cara yang harus Anda lakukan.

  • Tentukan jenis konten yang sesuai dengan bisnis kamu.
    Dalam menentukan jenis konten yang akan digunakan, sebelumnya Anda harus memperhatikan nilai (value) konten yang akan diberikan kepada penonton. Apakah konten tersebut dapat memberi manfaat bagi penonton? Ada beberapa konten yang dapat Anda gunakan seperti konten edukasi, promosi, tutorial, testimonial, dan jenis konten lainnya.
  • Riset Target secara Spesifik.
    Dengan mengetahui target bisnis yang lebih spesifik, maka akan lebih mudah dalam proses pembuatan konten video marketing yang cocok untuk bisnis Anda.

2. Buat Story Board (Rancangan Video)

Setelah menentukan Jenis konten apa yang ingin dibuat, sekarang saatnya Anda membuat rancangan video. Membuat rancangan video bertujuan agar video konten marketing yang dibuat lebih maksimal.

Untuk membuat rancangan video, anda memerlukan storyboard atau script. Storyboard yaitu berupa rancangan gambar-gambar thumbnail yang menggambarkan isi video anda nantinya. Sedangkan script, yaitu sebuah naskah yang berisi tulisan poin-poin penting mengenai apa yang ingin Anda sampaikan dalam video.

3. Buat Singkat & Sederhana

Sesuatu yang bertele-tele sangatlah menyebalkan bukan? Sebagai content-creator, Anda harus mengetahui perilaku penonton. Penonton memiliki masa perhatian yang singkat. Jadi, Sebaiknya anda membuat konten video marketing yang singkat dan semenarik mungkin.

Lalu, Apa Fungsi dari Video Marketing?

Tidak bisa dipungkiri, jika konten video marketing sangatlah diminati oleh para marketer atau pemasar untuk mempromosikan produk mereka. Namun, sebenarnya bagaimana sih cara kerja video marketing dalam mempromosikan produk suatu brand? dan Apa Fungsi nya?

  1. Branding merek dagang
    Video yang berhubungan dengan produk terbukti efektif untuk mempromosikan produk. Tujuannya yaitu untuk branding produk anda agar dikenal oleh masyarakat luas dapat mengetahui produk yang anda miliki.
  2. Meyakinkan konsumen
    Video testimony pelanggan merupakan salah satu strategi marketing yang diyakini mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, video marketing juga mampu memberikan penjelasan secara visual dan detail mengenai produk yang tengah anda jual sehingga tingkat kepercayaan calon pembeli bisa semakin tinggi.
  3. Target pasar luas
    Siapapun bisa melihat video marketing sehingga jangkauan dan targetnya luas. Apalagi jika video yang anda unggah berada di situs video seperti (youtube, dailymotion, vimeo dll) yang kemudian diberi link kesitus bisnis yang anda miliki. Dengan ini jumlah visitor juga akan bertambah dan secara otomatis pembeli juga akan semakin banyak.

Itulah beberapa cara membuat video markerting beserta penjelasan mengenai fungsi dari video marketing untuk promosikan produk anda.

Baca Juga :