Pengertian dan Fungsi Landing Page untuk Pemasaran

fungsi landing page untuk pemasaranApabila Anda adalah seorang pebisnis online, pasti memerlukan alat atau media untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Salah satu alat pemasaran yang paling efektif saat ini adalah landing page, fungsi landing page untuk pemasaran sangatlah banyak.

Sebelum kita membahas fungsi landing page untuk pemasaran, apakah kalian sudah tahu arti atau pengertian dari landing page itu sendiri. Landing page apakah sama dengan homepage? atau tidak? simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Landing Page

Landing page adalah sebuah laman website yang di desain khusus untuk online marketing. Landing page kalau menurut wikipedia adalah halaman web tunggal yang muncul sebagai tanggapan terhadap mengklik pada hasil pencarian mesin pencari dioptimalkan, promosi pemasaran, email pemasaran.

Landing page biasa digunakan untuk iklan online baik melalui media sosial ataupun google search, jadi landing page adalah laman yang pertama kali dilihat oleh pengunjung saat klik tautan atau link pada iklan.

Karakteristik dari landing page adalah biasanya landing page hanya membahas satu konten ataupun satu produk, jadi kebanyakan landing page itu hanya satu halaman saja dan tidak banyak link di dalamnya.

Baca JugaCara Membuat Konten Video Marketing Yang Menarik dan Efektif

Isi dari landing page akan menjelaskan secara detail suatu produk atau jasa dengan menggunakan teknik copywriting sehingga calon pelanggan akan tertarik membeli atau menggunakan jasa yang di iklankan.

Lalu perbedaan dengan hompage itu apa?

Seperti yang di jelaskan di atas, biasanya landing page cenderung membahas satu produk atau jasa saja dan tidak banyak link kecuali tombol CTA nya saja.

Berbeda dengan homepage yang banyak menu dan link di dalamnya, karena memang hompage itu halaman utama sebuah website untuk menuju laman-laman lainnya.

Contoh landing page https://winstarlink.com/jasa-kampanye-digital/

Contoh Hompage https://ibrand.id/

Fungsi Landing Page untuk Pemasaran

Ada dua fungsi landinga page untuk pemaaran :

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Fungsi pertama landing page, yaitu digunakan untuk mengumpulkan data pengunjung yang potensial atau leads. Leads inilah yang akan menjadi pegangan oleh seorang pebisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan akan membeli di masa yang mendatang.

Dengan adanya database calon pembeli, pebisnis bisa menargetkan ulang leads yang sudah ada sehingga target iklan akan lebih spesifik lagi.

2. Mempercepat Transaksi

Landing page di fungsikan agar pelanggan fokus pada satu produk dan akan di arahkan untuk cepat membeli produk tersebut. Menggunakan teknik copywriting pada landing page akan mempercepat penjualan suatu produk, karena dengan copywriting calon pembeli pasti akan tertari pada produk tersebut.

Jenis-Jenis Landing Page

Lead Generation Landing Pages

Biasa digunakan untuk mengumpulkan calon pembeli potensial. Menggunakan landing page, pebisnis akan mempunyai database pada umumnya nama dan alamat email, sehingga bisa digunakan untuk menjalin hubungan dengan para calon pembeli yang diharapkan akan membeli dimasa yang mendatang.

Click-through Landing Pages

Landing page jenis ini biasanya digunakan untuk e-commerce atau model marketing B2C. Halaman landing page ini biasanya hanya menampilkan tombol sederhana yaitu “pilih sekarang”, “beli sekarang” ataupun “shop now”.

Halaman ini menggiring pengunjung untuk cepat melakukan pembelian, dengan adanya tombol terbatas sehingga pengunjung langsung melakukan pembelian yang di arahkan ke wa ataupun marketplace.

Demikian penjelasan mengenai landing page dan fungsi untuk pemasaran.

Sebagai marketer kita harus bisa memahami target pasar dan kondisi pasar, apa yang dibutuhkan oleh pelanggan kita harus memahaminya dan cara untuk mendapatkan pelanggan itu yang paling penting. Landing page bisa menjadi alat pemasaran yang efektif untuk bisnis online Anda.

Mau buat landing page yang menjual? cepat hubungi jasa pembuatan lading page terbaik, sebelum ketinggalan kompetitor…..