Media Sosial Untuk Bisnis: Begini Cara Memanfaatkannya

Media Sosial Untuk Bisnis: Begini Cara Memanfaatkannya

Media sosial (medsos) merupakan media berbasis daring yang umumnya dirancang untuk memudahkan penggunanya bersosialisasi dan berinteraksi dalam jangkauan yang luas. Selain itu, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk bisnis.

Jika kita melek terhadap lingkungan sekitar, hampir seluruh orang-orang di sekitar kita memiliki dan aktif di media sosial. Hal ini disebabkan karena media sosial memudahkan kita untuk beraktivitas, membuat kita mudah menemukan dan melakukan apa saja.

Banyak yang beranggapan bahwa media sosial membawa pengaruh buruk terhadap penggunanya, terlebih jika kita sudah mulai berselancar di media sosial tidak akan ada habisnya, scroll terus menerus hingga tak terasa sudah menghabiskan waktu begitu lamanya.

Namun, media sosial juga bisa sangat menguntungkan loh, bahkan beberapa platform media sosial seperti facebook dan instagram memiliki fitur bisnis yang memudahkan kita untuk berjualan atau dalam kata lain mengembangkan bisnis kita menjadi lebih besar.

Selain itu, media sosial juga bisa dijadikan ladang untuk mengembangkan karir, salah satunya dengan cara mengiklankan diri.

Bangun branding di media sosial sangat efektif untuk saat ini, karena seseorang akan dilihat melalui media sosial yang ia miliki. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan pada media sosialmu agar semakin dilihat oleh banyak orang:

Kelola akun media sosial-mu, buatlah tampilan medsos kamu menjadi semenarik mungkin, terlebih pada media sosial yang cukup punya pengaruh penting, contohnya linkedin dan instagram. Media sosial yang rapi dan menarik memiliki daya tarik tersendiri, membuat orang ingin mengetahui siapa diri kamu.

• Tampilkan diri sendiri, tampilkan diri kamu di akun media sosialmu, caranya dengan memasang foto dan nama sendiri, hal ini bisa membuat akun media sosialmu terlihat lebih profesional dan orang yang melihatnya akan yakin serta percaya pada dirimu.

• Unggah karya sendiri, buatlah ruang pameran karya pada akun media sosialmu, Jika perusahaan yang kamu impikan melihat karyamu, mereka bisa merekrut kamu untuk menjadi bagian dari tim mereka. Ini cara jitu untuk mengembangkan karirmu. Mengunggah karya sendiri juga bisa menjadi inspirasi bagi orang yang melihatnya, hal ini tentunya akan membuat kamu lebih bersemangat membuat karya yang lebih keren dan membagikannya lewat akunmu.

• Ikuti akun atau komunitas yang berkaitan dengan industri kamu, ikuti akun atau komunitas yang membawa pengaruh baik terhadap dirimu, tentunya yang berkaitan dengan industrj kamu. Hal ini bisa terus menambah ilmu dan motivasi untuk terus mengembangkan karir. Namun, mengikuti akun yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan industri kamu pun sangat bagus, pastinya untuk menambah wawasan kamu.

• Perluas jaringan dan interaksi, perluaslah jaringan kamu hingga kamu bisa menggapai jaringan yang ada di luar jaringan kamu, ini langkah bagus untuk menambah relasi.

Sering-seringlah berinteraksi dengan orang lain, ikut berkomentar untuk saling berbagi wawasan dan pendapat misalnya. Hal ini bisa membuat orang lain tahu siapa kamu.

• Gunakan etika dan tata bahasa yang baik, jangan pernah lupa untuk saring sebelum sharing, ini sangat penting di manapun kamu berada. Media sosial memiliki jejak digital, salah sedikit karirmu bisa hancur dalam satu detik. Maka gunakanlah etika dan tata bahasa yang baik ya!