Bisnis Online yang Menguntungkan Tanpa memerlukan Modal

Bisnis online kini semakin di minati karena mudah dilakukan dan tanpa memerlukan modal, anda sudah bisa berbisnis dan meraup keuntungan.

Selain itu, bisnis online adalah jenis bisnis yang sangat fleksibel karena dapat berjalan tanpa memerlukan lokasi fisik atau tempat khusus.

Dalam dunia digital, ada banyak pilihan untuk memulai bisnis online. Beberapa contoh diantaranya yaitu bisnis online melalui platform e-commerce, marketplace, social media, dan lain-lain.

Bingung mau bisnis online apa? Berikut, kami berikan beberapa inspirasi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Reseller atau Dropshipper

Apa itu reseller atau dropshipper?

Pengertian sederhananya ;

Reseller  adalah seseorang yang menjual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen serta membutuhkan modal untuk membeli produknya, tetapi biasanya supplier akan memberikan harga khusus kepada para calon reseller.

Sedangkan  dropshipper adalah seseorang yang menjual kembali produk dari supplier tanpa harus memiliki produknya serta tidak membutuhkan modal seperti reseller.

Bila ditanya mana yang lebih mudah dan murah? Dropshiper jawabannya. Akan tetapi, bila anda ingin belajar dan berkembang yaitu memilih bisnis reseller.

2. Menawarkan Jasa Tutor Online

Keahlian mengajar juga bisa dijadikan peluang untuk memulai bisnis online tanpa modal. Caranya hanya dengan menawarkan jasa tutor online, baik untuk private maupun berkelompok.

Saat ini, banyak platform yang dapat mendukung anda untuk menjalankan bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah SnapAsk, Superproof dan juga Wyzant.

Ada sedikit perbedaan sistem dengan platform freelancer, beberapa platform tutor melakukan seleksi terlebih dulu bagi calon tutor untuk dapat bergabung. Selanjutnya, anda baru bisa mendapatkan konsumen.

Di sisi lain, sebenarnya anda bisa menjalankan bisnis ini secara mandiri. Caranya yaitu manfaatkan website portofolio dan media sosial untuk mempromosikan keahlian anda  untuk mengajar topik tertentu.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan tutor, anda bisa menggunakan aplikasi video call seperti WhatsApp, Zoom, Hangout dan yang lainnya. Untuk itu, tentukan di awal untuk memudahkan proses belajar mengajar. Untuk memastikan pelaksanaan bisnis online ini berjalan dengan lancar, manajemen waktu turut berperan dalam hal ini. Pastikan anda mengatur jadwalnya dengan tepat.

3. Membuka Jasa Kursus Online

Tak hanya bagi siswa saja, para karyawan perusahaan juga membutuhkan akses belajar skill baru melalui kursus online.

Kursus online adalah sebuah website yang berisi berbagai materi pengetahuan yang bisa diakses dengan sistem berbayar. Sistem pembayaran dapat dilakukan dengan berlangganan, maupun sekali beli.

Meskipun bisa saja dimulai tanpa modal.  Tapi, kami lebih menyarankan anda untuk berinvestasi dengan layanan hosting yang baik. Tujuannya adalah supaya anda mampu menyediakan website yang bisa diakses kapan saja tanpa kendala.

4. Menjadi Penulis Freelance

Keahlian menulis juga bisa menjadi peluang memulai bisnis online yang menguntungkan.

Kenapa demikian?

Kini para pebisnis mulai menyadari akan pentingnya pemasaran melaui content marketing. Salah satunya, melalui medium blog. Namun, tak banyak dari mereka yang memiliki keahlian menulis artikel dengan baik dan juga menarik.

Oleh karena itu, bisnis online dengan jasa penulisan konten cukup menjanjikan.

Untuk menemukan calon konsumen, anda bisa melakukan beberapa cara; Pertama, mendaftar di platform freelancer dan mengambil pekerjaan sesuai keahlian Anda. Contoh beberapa platform yang dapat anda gunakan adalah Sribulancer dan Projects.co.id dan masih banyak lagi.

Kedua, anda harus membangun blog atau website portofolio untuk menunjukkan skill Anda. Kemudian, jangan lupa siapkan halaman kontak khusus agar calon klien dapat dengan mudah menghubungi anda. Lalu, promosikan skill anda melalui media sosial untuk mendukung upaya pemasarannya.

5. Membuka Jasa Desain Grafis

Seperti halnya dalam penulisan, kemampuan desain grafis juga sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Contohnya, desain logo, desain kemasan produk, desain brosur, desain company profile dan masih banyak yang lainnya.

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis online bagi Anda yang memiliki kemampuan desain.

Untuk mendapatkan konsumen, anda cukup bergabung ke platform freelancer. Di Indonesia, ada beberapa platform freelance; Sribu.com merupakan salah satu marketplace desain grafis terbesar. Jika anda ingin penasaran dan ingin menjajal pasar Internasional, 99designs bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Namun, Anda juga tetap perlu membangun reputasi online anda melalui sebuah website portofolio. Inilah yang nantinya akan menjadi bukti keahlian desain anda. Dengan adanya website portofoli, calon klien pun tidak akan ragu lagi menggunakan jasa anda setelah mengetahui beberapa hasil karya desain yang ditampilkan.

6. Berjualan E-book

Lagi-lagi bisnis online yang dapat dilakukan dengan berbekal kemampuan menulis. Berjualan e-book merupakan salah satu bisnis yang sedang naik daun saat ini.

Hal ini dapat terjadi berkat perkembangan teknologi yang pesat, sehingga memudahkan buku digital untuk dapat diakses di mana saja dengan berbagai perangkat. Tidak hanya itu, saat ini banyak jugatoko buku digital yang melayani penjualan ebook. Jadi, konsumen bisa membeli buku dengan cepat dan mudah.

Untuk menekuni bisnis ini, pastikan bahwa Anda benar-benar mampu membuat sebuah buku yang menarik. Tidak hanya dari isi konten, tetapi desain dan tampilannya pun harus bagus.

Penjualan ebook bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menjualnya lewat toko buku digital seperti BukaBuku, Karya Virtual hingga Google Play Store.

7. Membangun Channel YouTube

Jika anda menganggap YouTube hanya sekedar sarana hiburan? Coba Pikirkan lagi!.

Kenyataannya, membangun channel YouTube bisa menjadi salah satu ide bisnis online tanpa modal yang sangat menjanjikan.

Caranya mudah, anda cukup membuat konten bermanfaat dan menarik, lalu lakukan monetisasi. Sumber penghasilan YouTube bisa dari iklan, afiliasi maupun penjualan produk anda sendiri.

Konten seperti apa yang bisa anda buat untuk menarik pengunjung? Pilihannya cukup banyak. Jika anda kebingungan untuk menentukan konsep, cobalah untuk meniru konsep Channel  Youtuber lain dan sedikit modifikasi.

Membangun channel YouTube memang membutuhkan proses. Namun, jika pengunjung Channel Anda bertambah dan subscriber Anda meningkat, jumlah uang yang bisa Anda hasilkan juga cukup menjanjikan.

Baca Juga : 5 Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial