12 Aplikasi Gratis untuk Mengelola Bisnis

Aplikasi gratis untuk bisnis membantu perusahaan Anda menghemat uang dan menjadi efisien. Anda dapat menggunakan alat bisnis gratis untuk melakukan akuntansi, menerima pembayaran, dan membayar karyawan. Untuk mengevaluasi dan memberi peringkat perangkat lunak semacam ini, kami menganalisis fitur, kualitas keseluruhan, ulasan pengguna online, dan pengalaman pribadi kami dengan alat tersebut. Di bawah ini adalah daftar 12 solusi aplikasi bisnis gratis terbaik yang tersedia.

1. Wave: Aplikasi Akuntansi Gratis

Wave memiliki dasbor yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengelola penjualan, akuntansi, perbankan, dan penggajian dari satu akun.

Wave adalah perangkat lunak akuntansi, faktur, dan pelacakan tanda terima untuk usaha kecil. Kami menempatkannya sebagai salah satu perangkat lunak akuntansi gratis terbaik yang tersedia. Paket gratisnya mencakup koneksi bank dan kartu kredit, pelacakan pendapatan dan pengeluaran tanpa batas, dan pemindaian tanda terima tanpa batas dengan aplikasi Android dan iOS.

Faktur Wave memiliki templat profesional yang dapat Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan bisnis Anda. Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, sehingga Anda dapat mengaksesnya di perangkat apa pun dengan akses internet.

Dengan perangkat lunak gratisnya, Wave kehilangan kemampuan penggajian. Dengan biaya bulanan tambahan, Anda dapat melakukan tugas karyawan seperti mengelola waktu liburan, menghitung tunjangan, dan membayar karyawan Anda. Secara keseluruhan, ulasan pengguna online Wave menunjukkan bahwa pengguna menikmati kemudahan penggunaan perangkat lunak secara keseluruhan. Keluhan pengguna berpusat di sekitar masalah teknologi dan layanan pelanggan yang buruk.

2. Square: Aplikasi Point-Of-Sale Gratis untuk Bisnis Retail Kecil

Pembaca magstripe Square tersedia untuk ponsel dan tablet Android dan Apple.

Square adalah perangkat lunak point-of-sale (POS) gratis. Catatan point-of-sale dan memproses pembayaran dari pelanggan. Secara keseluruhan, kami menganggap Square sebagai perangkat lunak POS gratis terbaik secara keseluruhan.

Ketika Anda mendaftar untuk akun Square, Anda menerima pembaca magstripe gratis. Disertakan dengan perangkat lunak Square adalah analitik dan pelaporan, manajemen inventaris, dan sistem manajemen hubungan pelanggan dasar (CRM). Selain itu, Anda mendapatkan toko online Square gratis yang menyinkronkan inventaris di toko dan online Anda, sehingga Anda tahu persis berapa banyak produk yang Anda miliki dalam stok.

Biaya Square datang ketika Anda memproses pembayaran. Untuk setiap gesek, Square mengenakan biaya 2,75%. Jadi untuk setiap $ 100 yang dibayarkan dari pelanggan, Anda memiliki $ 97.25 yang disetorkan di rekening bank Anda. Tarif 2,75% kompetitif dengan pemroses pembayaran lainnya.

3. Zoom: Aplikasi Konferensi Video Gratis

Zoom adalah platform berbasis cloud untuk konferensi video dan audio, obrolan, dan webinar. Akun gratisnya menyediakan pertemuan satu-satu tanpa batas dan konferensi video grup terbatas pada 40 menit dan 100 peserta. Semua panggilan video sepenuhnya diamankan dengan enkripsi SSL dan AES 256-bit.

Fitur unik Zoom adalah tampilan speaker aktifnya, yang merupakan teknologi dinamis yang menggeser umpan video ke speaker saat ini. Dengan ini, Anda tidak memerlukan manajemen video aktif.

Versi gratis Zoom tidak memiliki fitur pelaporan. Jadi, Anda tidak dapat melihat berapa banyak rapat yang diadakan di organisasi Anda atau berapa banyak orang yang hadir.

Jika Anda seorang konsultan atau pelatih yang melakukan rapat satu-satu, zoom versi gratis adalah semua yang Anda butuhkan untuk memiliki panggilan video yang sukses. Selama rapat video, Anda dapat mengajar dan memperlihatkan contoh dengan membagikan layar komputer Anda. Anda juga dapat merekam layar agar klien dapat mendengarkan atau menonton di kemudian hari. Selain itu, selama rapat, Anda dapat mengirim link dari fitur obrolan Zoom.

4. Google Docs: Penyimpanan Dokumen dan File Gratis

Google Dokumen memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen secara bersamaan dari dua komputer dan lokasi yang berbeda.

Google Dokumen adalah bagian dari rangkaian alat berbasis cloud gratis yang disediakan oleh Google. Dengan Google Dokumen, Anda dapat membuat dokumen pemrosesan kata dan membagikannya dengan anggota tim. Anggota tim dapat mengedit dokumen secara bersamaan.

Semua tulisan dan pengeditan disimpan secara real time. Google Docs adalah alternatif gratis yang bagus untuk Microsoft Word. Kelemahan dari versi gratis Google Doc adalah penyimpanannya dibatasi pada 15GB.

Banyak pemilik bisnis berjuang untuk mencari tahu cara berbagi dokumen, foto, dan video dengan rekan kerja atau pekerja jarak jauh. Sesuatu yang unik tentang Google Dokumen adalah kemampuan untuk mengunggah foto, gambar, dan dokumen dan berbagi tautan dengan siapa pun yang perlu mengunduhnya. Ini menghemat waktu karena Anda tidak perlu berbagi foto atau dokumen dari perangkat fisik seperti USB flash drive. Selain itu, dokumen bisnis, foto, dan video Anda tidak akan pernah tersesat atau salah tempat karena disimpan di cloud.

5. Zoho CRM: Aplikasi Manajemen Pelanggan

Sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) membantu bisnis dan tim penjualan mengelola hubungan pelanggan. Zoho CRM adalah solusi CRM gratis paling komprehensif di pasaran. Kami menganggap Zoho CRM sebagai CRM gratis terbaik yang tersedia.

Salah satu fitur gratis teratasnya adalah otomatisasi pemasarannya, yang biasanya dikenakan biaya crm gratis lainnya. Bersama dengan 10 templat pemasaran email dan alat autentikasi pemasaran email, Zoho CRM menyertakan sistem pelacakan pengunjung situs web yang melacak prospek saat mereka melalui saluran penjualan Anda.

6. Homebase: Aplikasi Penjadwalan Karyawan Gratis

Aplikasi seluler Homebase memungkinkan karyawan untuk melihat shift yang akan datang dan menjadwalkan shift terlebih dahulu.

Homebase adalah perangkat lunak yang membantu Anda mengelola janji temu atau menjadwalkan shift. Ini adalah salah satu perangkat lunak penjadwalan karyawan gratis kami yang dinilai teratas.

Versi gratis Homebase adalah untuk satu lokasi dan jumlah karyawan yang tidak terbatas. Ini termasuk fitur seperti penjadwalan, lembar waktu, jam waktu, pelaporan, dan aplikasi seluler. Restoran, salon rambut, toko ritel, spa, dan bisnis pijat semuanya mendapat manfaat dari perangkat lunak penjadwalan.

Apa versi gratis yang hilang adalah sms messaging dan mobile GPS clock-in. Jika Anda perlu mengirim pengingat kepada pelanggan tentang janji temu mereka yang akan datang, Anda harus membayar biaya tambahan. Jika Anda memiliki karyawan di luar lokasi dan ingin menggunakan jam GPS untuk mengonfirmasi lokasi mereka, Anda juga perlu membayar biaya tambahan.

7. Freshdesk: Aplikasi Dukungan Pelanggan Gratis

Freshdesk memberi Anda kemampuan untuk melacak tiket dukungan pelanggan dengan dasbor analitik.

Freshdesk adalah perangkat lunak dukungan pelanggan (help desk) yang membantu mengatur tiket permintaan dukungan dalam rangka penerimaan dan komunikasi tiket dengan pelanggan. Ini sangat membantu bagi bisnis yang memiliki produk atau layanan yang mungkin membutuhkan bantuan pelanggan.

Banyak pemilik bisnis menggunakan perangkat lunak tiket dukungan jika mereka menemukan email terlalu rumit untuk mengelola dukungan pelanggan mereka. Con ke versi gratis Freshdesk adalah ketidakmampuan untuk mengotomatiskan tiket menggunakan pemicu waktu dan berbasis peristiwa.

Perangkat lunak Freshdesk juga membantu Anda membuat “basis pengetahuan” untuk ditampilkan di situs web Anda. Basis pengetahuan mirip dengan bagian tanya jawab umum (FAQ) yang mendalam di situs web. Pelanggan menggunakan basis pengetahuan untuk menjawab pertanyaan mereka sendiri dan menyelesaikan masalah mereka. Selain itu, jika Anda berkomunikasi dengan pelanggan melalui email, Anda dapat menautkan ke artikel Anda, menjawab pertanyaan pelanggan tanpa harus mengetik jawaban lengkap.

8. Mailchimp: Aplikasi Email Marketing

Dasbor Mailchimp menyediakan analitik yang mudah dibaca tentang analitik terbaru dan pertumbuhan daftar email secara keseluruhan.

Mailchimp adalah perangkat lunak pemasaran email berbasis web. Anda memerlukan perangkat lunak pemasaran email, selain menggunakan penyedia email seperti Gmail, sehingga Anda dapat mengirim email ke ratusan atau ribuan pelanggan sekaligus.

Selain itu, Anda dapat menggunakan Mailchimp untuk menandai pelanggan berdasarkan perilaku tertentu, seperti membeli, dan mengirim email ke daftar pelanggan yang ditargetkan. Ini berguna ketika Anda ingin mengirim pesan tertentu ke sekelompok pelanggan.

Misalnya, jika Anda mengoperasikan bisnis pemeliharaan perumahan, Anda dapat menandai pelanggan dengan layanan tertentu yang mereka terima, seperti pembersihan selokan, pencucian tekanan, lansekap, dan sekop salju. Setelah Anda menandai pelanggan sesuai dengan layanan mereka sebelumnya, Anda dapat mengirim email yang ditargetkan mengingatkan mereka bahwa mereka dapat menerima layanan lagi. Sebagai aturan pemasaran umum, semakin ditargetkan email, semakin besar kemungkinan penerima akan membuka dan menanggapinya.

Ada beberapa kelemahan dari rencana pemasaran email gratis Mailchimp. Anda tidak akan dapat menggunakan pencitraan kustom pada email. Anda juga tidak dapat menguji baris subjek yang berbeda dalam kampanye email yang sama; ini menentukan baris subjek mana yang menerima tingkat terbuka yang lebih tinggi. Selain itu, Anda tidak mendapatkan akses ke semua templat email.

9. Payroll4Free.com: Aplikasi Payroll

Semua fitur ini gratis jika Anda memiliki di bawah 25 karyawan atau kontraktor.

Payroll4Free.com adalah perangkat lunak penggajian yang sepenuhnya gratis — kami menilainya sebagai perangkat lunak penggajian gratis terbaik yang tersedia untuk di bawah 25 karyawan. Fitur gratis program ini meliputi perhitungan cek paket, persiapan formulir, dan laporan tentang penghasilan. Payroll4Free.com juga menyertakan integrasi QuickBooks.

Apa perangkat lunak yang hilang adalah bahwa ia tidak mengajukan pajak Anda atau menyediakan W-2 akhir tahun atau 1099s. Secara keseluruhan, ulasan untuk Payroll4Free.com positif. Namun, ada keluhan mengenai layanan pelanggan yang lambat untuk pengguna perangkat lunak gratis.

10. Canva: Aplikasi Graphic Design Gratis

Canva memiliki puluhan alat pengeditan foto seperti memotong foto untuk mendapatkan gambar yang sempurna untuk pemasaran bisnis Anda.

Canva adalah alat gratis yang membantu Anda mendesain gambar grafis seperti logo, poster, selebaran, dan foto media sosial. Banyak pemilik usaha kecil menggunakan Canva untuk merancang gambar media sosial. Canva memiliki ukuran yang telah ditetapkan untuk gambar media sosial seperti spanduk Facebook dan thumbnail YouTube.

Salah satu bagian besar dari Canva adalah alat pendidikan gratisnya. Anda dapat mendaftar di sekolah desain online gratis untuk menonton tutorial tentang menerapkan palet warna, membuat GIF animasi, dan merancang Sorotan Instagram.

Versi gratis Canva kehilangan beberapa fitur seperti desain yang dapat diunduh dengan latar belakang transparan. Dengan versi berbayar, Anda menerima akses ke lebih dari 400.000 foto, templat, dan ilustrasi gratis; Anda juga dapat menggunakan fitur branding dengan kemampuan untuk mengunggah font khusus dan palet warna.

11. WordPress.com: Situs Web dan Pembuat Blog Gratis

WordPress.com memiliki lusinan templat situs web gratis untuk Anda pilih.

WordPress.com adalah pembuat situs web dan sistem manajemen konten gratis. Ini berbeda dari WordPress.org, yang merupakan platform situs web yang lebih rumit (dan kuat). WordPress.com adalah pilihan gratis yang bagus untuk bisnis kecil dengan anggaran terbatas.

Jika Anda mulai dengan pembuat situs web, Anda akhirnya dapat beralih konten Anda ke WordPress.org. Dengan opsi gratisnya, WordPress.com menawarkan penyimpanan 3GB, yang lebih dari cukup untuk bisnis kecil rata-rata.

Hosting gratis (ruang di server tempat informasi situs web Anda disimpan) disertakan dengan WordPress.com. Satu-satunya biaya yang diperlukan adalah membeli nama domain, yang merupakan www. (nama pendamping Anda).com alamat web Anda, dan ini sekitar $ 12 setahun. Selain itu, Anda dapat memilih untuk membuat blog alih-alih situs web bisnis. Blog mengatur konten dalam urutan kronologis, sedangkan situs web memiliki lebih banyak fleksibilitas tetapi kurang terorganisir.

12. AND.CO: Aplikasi Proposal dan Faktur Gratis

AND.CO memiliki versi desktop dan seluler sehingga Anda dapat melacak waktu kerja dari ponsel Anda.

AND.CO adalah perangkat lunak faktur, proposal, dan pelacakan pengeluaran. Dalam paket harga gratis, Anda dapat menambahkan satu klien aktif dan hanya menggunakan AND. Kontrak standar CO. Jika Anda seorang startup atau baru dalam kontrak, ini adalah kesempatan bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagian dan klausul penting dalam perjanjian kontrak bisnis.

Ada beberapa alat lain yang dapat Anda manfaatkan dengan AND. Rencana gratis CO. Anda dapat membuat faktur untuk klien Anda dan menerima pembayaran dengan tingkat pemrosesan pembayaran yang kompetitif selain mengelola dan mengatur proyek Anda dengan perangkat lunak manajemen tugasnya.

Jika Anda bekerja untuk klien per jam, Anda dapat menggunakan AND.CO melacak waktu Anda dan dengan mudah mengirim faktur untuk saat pekerjaan Anda direkam. Sesuatu yang hilang dengan AND. Paket gratis AND.CO adalah kemampuan untuk mengedit kontrak.

Aplikasi bisnis gratis adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan menjadi lebih produktif dalam bisnis Anda. Jika Anda memulai bisnis, maka alat bisnis gratis di atas adalah tes berisiko rendah saat Anda mengetahui sistem dan perangkat lunak terbaik untuk Anda. Jika Anda menyukainya, simpan dan mungkin perluas fitur mereka dengan versi berbayar. Jika Anda tidak menyukainya, berhenti gunakan perangkat lunak tanpa biaya tambahan untuk bisnis Anda.