8 Cara Agar Brand Anda Mudah Dikenali dan Tahan Lama

Apa itu Brand? Bagaimana sih cara menaikan brand? Brand merupakan magnet yang menarik konsumen kepada produk atau layanan Kamu. Suatu brand juga bisa berarti sebagai aset perusahaan tak berwujud.

Di samping memiliki produk yang baik dan berkualitas, sebuah produk juga harus memiliki nama brand yang bagus agar brand Kamu selalu diingat oleh konsumen. Kami terlah merangkum 8 kunci sukses agar brand Kamu mudah dikenali dan tahan lama

Pilih Partner Desain dengan Hati-Hati

Sebuah partner desain juga merupakan partner bisnis. Pilihlah seorang partner desain yang bisa memiliki waktu luang dan mampu mendengarkan semua keinginan yang ingin Kamu dapatkan dari sebuah brand bisnis.

Dengan memiliki mitra desain yang baik, Kamu akan mendapatkan awal sebuah proses branding melalui proses penciptaan brand atau logo yang baik pula.

Sesuaikan Nama Brand dengan Target Pasar

Sesuaikan nama brand dengan target pasar yang Kamu bidik. Misalnya, Kamu ingin membuat produk fashion dengan target perempuan, atau anak muda, maka kira-kira nama yang cocok untuk produk fashion tersebut, bisa Isabella Fashion atau Flower Fashion. Di mana, kedua nama ini menunjukkan sifat feminin.

Hindari Penggunaan Singkatan yang Rumit

Singkatan konsonan dapat membuat nama brand atau merek Kamu lebih sukar diingat. Selain itu, singkatan konsonan juga lebih sukar terasosiasi oleh produknya. Banyak kesalahpahaman yang timbul akibat penggunaan singkatan. Terutama jika ada produk lain yang memiliki singkatan serupa.

Buat Nama yang Unik

Nama sebuah brand yang unik akan membuat produk Kamu mudah diingat. Biasanya seseorang akan menggunakan nama brand yang sedikit ekstrim agar terlihat berbeda di mata konsumennya.

Tapi satu hal yang perlu diingat, sekalipun ingin berbeda, jangan sampai nama sebuah brand justru menimbulkan kesan ragu dan negatif dari seorang konsumen yang ingin membeli produk Kamu. Pilihlah kesan unik yang positif agar brand Kamu mendapatkan kepercayaan konsumen.

Mudah Diucap & Diingat

Nama yang mudah untuk diingat merupakan nama yang terdiri dari dua sampai empat suku kata, namun tidak bertabrakan dengan 2-3 konsonan. Misalnya Kaos Gaul akan lebih baik daripada Kaos Sport karena lebih mudah diucapkan dan tidak bertabrakan dengan konsonan.

Buat Diferensiasi Produk

Buatlah orang langsung paham dengan perbedaan produk Kamu ketika pertama kali membaca atau melihat brand tersebut. Misalnya saja usaha makanan, Pizza Huh-Hah akan memberi asosiasi bahwa pizza tersebut memiliki ciri makanan yang sangat pedas.

Menjaga Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk juga merupakan cara branding yang akan membuat produk Kamu akan lebih dikenal oleh konsumen Kamu lebih lama. Jika kualitas sebuah produk selalu konsisten dalam kondisi baik, maka orang akan selalu percaya terhadap integritas bisnis, apapun produk yang dipasarkannya.

Merespon Masukan dari Konsumen

Konsumen merupakan raja, dengan memberi respon terhadap keluhan konsumen terhadap produk juga akan membuat brand Kamu akan dianggap memiliki sisi positif dan peduli terhadap konsumennya. Selain itu, sebuah masukan juga bisa dijadikan ide untuk sebuah inovasi bagi produk Kamu selanjutnya.

Sebuah brand maupun proses branding sebuah produk tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang akan melibatkan bagian keuangan untuk sebuah pendanaan.

Oleh karena itu, gunakan software akuntansi online Jurnal yang dapat membantu Kamu membuat perhitungan biaya secara cepat dan efisien.