Apa itu Product Branding? Berikut Pengertian dan Panduannya

iBrand –  Apa itu Product Branding? Jika Anda adalah seorang business owner, tentu Anda mengetahui bahwa tidak semua produk dan tidak semua bisnis dapat dikenalkan kepada publik dengan cara yang sama dan paling sederhana. yang Anda tawarkan adalah produk yang jarang ada di pasaran, maka Anda mungkin membutuhkan strategi khusus untuk memperkenalkan produk baru Anda.

Apalagi jika Anda ingin agar produk yang Anda tawarkan untuk memiliki tempat baru dan dikenal sebagai produk dengan kualitas yang baik.

Jika produkiliki tempat baru dan dikenal sebagai produk dengan kualitas yang baik.

Dalam industri saat ini, kita bisa melihat salah satu brand dengan sebuah produk yang dikenal seperti: Republic of Gamer (ASUS), Indomie (Indofood) dan lain sebagainya.

Bayangkan itu, orang mengenali produk Anda dan mengenal juga brand Anda. Bukankah itu akan sangat menguntungkan?

Misalnya ketika seseorang berpikir mengenai laptop gaming, mereka mungkin langsung mengasosiakan gagasan itu dengan line-up laptop gaming milik Asus: Republic of Gamer / ROG.

Dalam contoh lain, sebagian masyarakat Indonesia tentu saja lebih sering menyebut mie-instan dengan sebutan Indomie meskipun produk yang dibeli adalah produk dari kompetitornya.

Hal tersebut disebabkan oleh product branding yang baik, yang telah dilakukan secara konsisten dan penuh dengan kegigihan oleh suatu brand yang memiliki produk itu.

Apa itu Product Branding?

Product branding adalah kegiatan untuk meningkatkan trust daripada client terkait produk dan layanan yang Anda tawarkan. Beberapa hal yang dilakukan adalah:

Dokumentasi

Untuk membangun product branding yang baik dan reputasi produk yang baik, maka Kamu memerlukan cukup dokumentasi terkait produkmu yang akan membuat produkmu semakin dikenal oleh orang.

Dokumentasi adalah bagian dari perjalananmu dalam memperkenalkan produkmu ke audiens.

Fokus

Untuk membuat produkmu semakin dikenal, Kamu mungkin harus memfokuskan terlebih dahulu segala upayamu untuk memperkenalkan produkmu secara spesifik. Konten yang terus-menerus di lihat, akan lebih mudah buat ditemukan.

Interaksi

Kamu sedang ingin memperkenalkan produkmu, maka bersiaplah untuk menghadapi sangat banyak pertanyaan terkait produkmu. Kamu mesti siap untuk membalas satu per satu pertanyaan yang ada supaya customer dapat memahami produkmu dengan baik, dan dengan begitu juga membangun koneksi dengan customer mu.