5 Tools Penting Pendukung Social Media Marketing

Tools Penting Pendukung Social Media Marketing

social media marketing

Social media merupakan platform online yang banyak digunakan untuk berekspresi atau menyampaikan pendapat, bahkan sekarang media sosial banyak digunakan untuk berbisnis, maka dari itu manajemen social media diperlukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Pemasaran di media sosial biasa disebut social media marketing, banyak para marketer bisnis yang menggunakan platform media sosial untuk memasarkan produknya.

Peran Penting Social Media Marketing

Peran social media marketing untuk mengembangkan bisnis sangatlah banyak, berikut pentingnya peran social media marketing untuk bisnis :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Sebuah brand ajan semakin dikenal ketika diunggah di media sosial secara konsisten. Hal ini karena lama kelamaan orang akan menaruh perhatian terhadap produk kita yang diunggah.

Mungkin pada step awal orang hanya sekedar melihat postingan produk kita, tapi lama kelamaan dengan postingan yang konsisten orang akan mengenal produk dan manfaat dari produk kita tersebut, sehingga audience akan tertarik dan bisa mendatangkan sales untuk brand kita.

2. Mendapatkan Feedback produk

Tahap ini merupakan tahap lanjutkan dari efek social media marketing. Setelah brand kita dikenal banyak orang dan menjadi trending topik. Kita pasti bisa melihat langsung bagaimana customer berinteraksi di social media kita, mulai dari like, follow dan komen. Pelanggan akan memberikan komentar mereka mengenai produk kita atau cara kita memasarkan produk.

3. Mendapatkan Pembelajaran dari Kompetitor

Bukan hanya kita saja yang menjalankan strategi social media marketing, para kompetitor kita pun pasti menjalankan strategi tersebut untuk memasarkan produk.

Dengan sering-sering aktif di media sosial pasti kita juga menemukan bagaimana kompetitor bermain di media sosial, hal tersebut bisa menjadi pembelajaran untuk kita.


Tips Menjalankan Social Media Marketing

1. Pahami Selera Target Audiens

Setiap brand atau produk pasti mempunyai kriteria audiensnya masing-masing. Amati selera audiens apakah cocok dengan produk kita atau tidak. Hal ini juga bisa membantu untuk menentukan konten-konten yang menarik yang diminati oleh target audiense kita.

2. Tentukan Platform yang Mau Disasar

Setiap platform mempunyai karakteristik dan minat masing-masing. Apabila produk kita adalah produk fashion yang banyak digunakan oleh anak muda, maka gunakanlah platform yang sering digunakan oleh anak muda, seperti tiktok instagram dan masih banyak lagi.

3. Buat Konten yang Menarik

Tahap ini merupakan hal yang penting untuk kita perhatikan. Pada dasarnya pengguna media sosial pasti akan mengikuti dan interest apabila ada konten yang menarik dan tentunya bermanfaat.

Buatlah konten yang mengedukasi tapi tetap relavan dengan produk yang kita jual. Misalkan produk yang kita jual adalah jam tangan maka buatlah konten yang relevan dengan jam tangan contoh cara merawat jam agar awet, cara memadukan jam dengan style baju dll.

4. Jadwalkan Jam Tayang

Atur waktu yang pas untuk memposting konten yang kita buat. Dalam platform facebook dan instagram kita bisa mengetahui jadwal paling banyak aktif pengikut social media kiga. Maka dari itu sesuaikan dengan jadwal aktif audiens agar bisa mendapatkan reach yang luas.

5. Evaluasi

Setelah melakukan hal-hal yang di atas, lakukanlah evaluasi untuk mengukur seberapa efektif stragi social media marketing yang kita lakukan.

Dengan evaluasi kita juga bisa menemukan ide-ide baru untuk social media marketing yang lebih efektif.

Tools Social Media untuk Mendukung Social Media Marketing

1. Tap Link

Tap link digunakan untuk mengelompokan beberapa tautan media sosial menjadi satu lokasi, hal ini bisa memudahkan kita untuk mengarahkan audiens menuju penjualan.

2. Google Docs

Google docs memudahkan kita untuk membuat catatan secara real time, dimanapun dan kapanpun. Kita bisa rangkum hasil evaluasi social media marketing di sini.

3. Google Drive

Kita bisa menyimpan file di cloud yang bisa di akses kapan saja. Filekonten juga bisa di simpan di google drive.

4. Hype Type

Hype Type adalah aplikasi untuk membuat video atau foto story instagram. Dengna aplikasi ini kita bisa membuat story yang menarik dengan mudah.

5. Canva

Canva merupakan aplikasi editor berbasis website yang banyak digunakan oleh para pengonten. Aplikasi ini juga bisa dinikmati secara gratis tetapi untuk menikmati semua fiturny kita harus berlangganan dulu.

6. Google Trend

Kita bisa menggunakan Google Trend untuk mengamati konten yang viral di media sosial atau penelusuran google.

Demikian penjelasan mengenai social media marketing, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Kalau kalian masih bingung dalam mengelola media sosial bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu para UKM untuk melakukan strategi social media marketing terbaik untuk bisnis Anda.