Pengertian Social Media Monitoring dan Manfaatnya

Pengertian Social Media Monitoring dan Manfaatnya

Hari ini Saya dan Kamu ingin membahas tentang pengertian social media monitoring, latar bahasan hingga bagaimana memanfaatkan social media monitoring untuk mengoptimalkan kepentingan-mu.

Entah kepentingan pribadi, bisnis maupun organisasi. Mempelajari social media monitoring akan membantu Kamu dalam mengoptimalkan kepentingan-mu.

Hari ini, social media telah menjadi bagian dari kehidupan manusia dan menjadi bagian dari dunia pada hari ini. Dengan pengguna yang bermacam-macam latar belakang dan beragam niche.

Lebih dari 2 milyar orang di dunia hari ini telah terkgabung dalam media sosial dan memberikan kontribusi konten di jaringan digital, internet.

Tentu tidak mengherankan kalau sewaktu-waktu kita menemukan bahwa saking cepatnya informasi dapat beredar di internet, pengaruh yang diberikan menjadi sangat-sangat besar.

Ini menandakan potensi yang sangat besar bila Kamu mau menggunakanĀ the power of social media ini buat kepentingan-kepentingan yang baik dan memberikan dampak positif bagi kehidupan pribadi maupun sosial.

Dan seperti yang sudah di kutip pada paragraf awal, kali ini Kita akan membahas soal social media monitoring, latar belakang dan manfaatnya.

Seberapa Besar Media Sosial Itu?

Dalam setiap menit, pengguna Internet secara global menulis ratusan hingga ribuan twit ~ ribuan postingan baru di Facebook ~ dan sekitar video berdurasi seratus jam di YouTube.

Selain itu, orang juga menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi-informasi yang sedang mereka butuhkan. Dan seperti yang telah Anda ketahui, Google selalu punya jawabannya.

Itu karena abilitas massive content-creation yang terus menerus terjadi dalam jaringan online di seluruh dunia.

Indonesia sendiri memegang posisi tertinggi sebagai negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia. Dari sekian juta masyarakat Indonesia yang telah terkoneksi dengan internet, sebagian besarnya adalah pengguna aktif media sosial.

Media sosial yang digunakan pun beragam, tapi pada umumnya mereka menggunakan Facebook, Instagram, Line dan Twitter. Tentu saja, masing-masing platform memiliki karakteristik user yang berbeda-beda.

Belum lagi, tiap-tiap platform biasanya juga memiliki algoritma yang berbeda-beda untuk menentukan konten mana yang bakal ditampilkan.

Media sosial kelihatannya benar-benar bakalan jadi bagian dari bisnis untuk mempromosikan bisnisnya dengan jangkauan yang lebih luas, dan bahkan secara tertarget.

Pengertian Social Media Monitoring

Social Media Monitoring pada dasarnya adalah monitoring tentang pembicaraan publik terkait brand maupun persona yang sedang dikelola. Kamu-pun dapat menggunakan jasa social media monitoring buat membantu kamu dalam memantau hal ini.

Selain memonitoring tentang tanggapan masyarakat terkait brand-mu, social media monitoring juga berarti memantau trend yang sedang hangat dibicarakan oleh pengguna sosial media.

Juga, social media monitoring adalah melakukan analisa-analisa terkait interaksiĀ (engagement) yang terjadi antara bisnis dengan audiens. Ini dilakukan buat terus mencari tahu preferensi dan terus menjalin koneksi dengan audiens.

Manfaat Social Media Monitoring

Ada beragam manfaat dari melakukan ataupun menggunakan jasa social media monitoring yang akan mempengaruhi bisnismu. Berikut adalah ulasan lebih lengkapnya:

  • Membangung Reputasi

Dengan jangkauan audiens yang luas, membangun reputasi usahamu adalah sesuatu yang sangat amat possible dilakukan melalui media sosial. Reputasi bisnis maupun brand yang baik, tentu akan mempengaruhi closing yang dihasilkan.

Bisnis dengan reputasi / kredibelitas yang baik, biasanya akan menghasilkan penjualan yang lebih banyak.

  • Mendapat Insight dari Pelanggan

Untuk terus berkembang, bisnis harus terus beradaptasi. Termasuk juga beradaptasi dengan permintaan pasar yang terus menerus mengalami peningkatan serta perubahan. Tidak beradaptasi, sama dengan mati.

Dengan menggunakan media sosial dan memanfaatkannya untuk membangun koneksi dengan customer, Anda akan mendapat insight yang sangat-sangat valuable dari pelanggan terkait produk serta brand Anda.

Selain dua hal di atas, tentu saja masih ada manfaat-manfaat lainnya dari melakukan social media monitoring.

Jadi, bagaimana? Tertarik buat menggunakan jasa social media monitoring yang Kami tawarkan?