Company profile perusahaan adalah alat yang digunakan untuk memberikan informasi tentang perusahaan kepada masyarakat. Company profile mempunyai peran yang krusial bagi perusahaan. Selain itu Company profile juga sebagai salah cara perusahaan untuk mendapatkan klien sesuai sasaran.
Beberapa Alasan Pentingnya Company Profile Bagi Perusahaan
Berikut ini 4 hal pentingnya company profile bagi
perusahaan.
Alat Promosi
Profil perusahaan bukan hanya sebagai bentuk formalitas perusahaan belaka. Company profile menjadi hal yang penting karena dapat digunakan sebagai media promosi bagi perusahaan. Saat Anda memperkenalkan perusahaan kepada klien atau calon rekan bisnis, profile company lah yang mempunyai peran penting dalam memberikan informasi secara detail pada klien tentang perusahaan Anda.
Informasi yang terdapat didalam company profile seperti nama perusahaan, sejarah perusahaan / latar belakang berdirinya perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta info penting lainnya yang harus diketahui klien.
Meningkatkan citra perusahaan
Tidak hanya terdapat informasi yang akan menjelaskan perusahaan Anda pada klien. Tapi, pembuatan company profile juga bermanfaat sebagai sarana yang akan meningkatkan citra perusahaan Anda. Dengan adanya profil perusahaan, orang lain akan mengetahui perkembangan dan prestasi perusahaan yang Anda jalankan.
Membuat company profile dalam bentuk digital ini terbilang cukup efektif dan efisien daripada bentuk company profile terdahulu yang menggunakan baner atau iklan diberbagai media. Pastikan company profile yang Anda buat dapat mewakili informasi tentang perusahaan Anda secara lengkap dan detail, namun dibuat dalam bentuk yang menarik.
Memperkenalkan proyek kepada klien
Company profile memberikan informasi terkait ide bisnis atau proyek yang akan Anda jalankan ke depannya. Hal ini akan membuat klien mengenal lebih dalam tentang gambaran proyek perusahaan Anda.
Company profile yang berisi tentang proyek atau ide bisnis membutuhkan konten/narasi berupa tabel khusus yang menampilkan rincian proyek yang Anda jalankan. Mulai dari rincian biaya, target pasar, keunikan, langkah pengembangan, dan sebagainya.
Mendapatkan umpan balik
Dalam pembuatan company profile, pasti perusahaan mencantumkan informasi kontak secara lengkap. Hal ini agar mempermudah perusahaan mendapatkan umpan balik dari klien atau responden. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan memberikan informasi kontak harus dicantumkan secara lengkap.
Hal-Hal Yang Apa SajaTerdapat Dalam Company Profil?
Berikut adalah hal-hal penting yang dapat dimuat dalam dalam pembuatan desain company profile:
Representasi perusahaan
Desain company profile yang Anda buat harus terdapat gambaran tentang perusahaan Anda sendiri. Walaupun disampaikan dalam bentuk yang lebih singkat, akan tetapi company profile ini harus bisa menjelaskan seperti apakah perusahaan Anda kepada calon mitra bisnis.
Informatif
Informasi yang disampaikan dalam company profil harus mengandung unsur informatif. Mampu menampilkan informasi yang benar apa adanya, bukan kebohongan dengan tujuan meningkatkan citra bisnis Anda.
Pastikan bahwa informasi yang disampaikan adalah akurat, lengkap, jelas, dan mudah dipahami.
Struktur
Pastikan profil perusahaan Anda memuat beberapa struktur penting seperti: sejarah perusahaan, visi dan misi, divisi/unit yang ada, tagline khusus, informasi produk atau jasa, hingga daftar klien atau proyek yang pernah dikerjakan.
Informasi yang singkat dan jelas
Buatlah sesingkat dan sejelas mungkin, namun dapat mewakili hal-hal yang mungkin akan ditayakan oleh klien. Sehingga tanpa mengajukan banyak pertanyaan kepada perusahaan Anda, klien sudah mendapatkan informasi atas pertanyaan hanya dengan melihat atau membaca profil perusahaan Anda.
Tampilan fisik menarik
Company profile yang Anda buat dikemas dalam desain yang menarik dengan informasi yang jelas. Buatlah company profile yang mencerminkan karakter perusahaan Anda. Hal ini dapat menambah nilai lebih dari klien terhadap perusahaan Anda.